Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Apr 2018 19:25 WIB

TRAVEL NEWS

Sosok Kartini Pemberi Makan Binatang Buas di Bali

Nandhang Astika
Redaksi Travel
Ida Ayu Putu Diyatmini yang bekerja di Bali Zoo (Nandhang Astika/detikTravel)
Ida Ayu Putu Diyatmini yang bekerja di Bali Zoo (Nandhang Astika/detikTravel)
Gianyar - Memberi makan binatang buas merupakan pekerjaan yang jarang diminati orang. Namun tidak bagi sosok-sosok Kartini ini.

Inilah Ida Ayu Putu Diyatmini, sudah 15 tahun bekerja di Bali Zoo Singapadu, Gianyar. Pengalaman belasan tahun itu membuat perempuan yang biasa disapa ibu Dayu ini menjadi akrab dengan sejumlah binatang buas.

Di Hari Kartini ini, Sabtu (21/4/2018), ia berpenampilan berbeda, yakni mengenakan kebaya. Meski berkebaya ia tetap beraktivitas seperti biasa, yakni memberi makan buaya, singa hingga harimau.

"Kalau suka dukanya sih saya merasa tidak pernah duka selalu happy. Gimana saya mencintai anak saya begitu juga mencintai binatang di sini," kata Ida Ayu Putu Diyatmini, di sela aktivitasnya memberi makan 4 ekor singa koleksi Bali Zoo.

Ida Ayu Putu Diyatmini sedang memberi makan hewan Bali Zoo (Nandhang Astika/detikTravel)Ida Ayu Putu Diyatmini sedang memberi makan hewan Bali Zoo (Nandhang Astika/detikTravel)


Sehari-hari, perempuan kelahiran Bangli ini juga bertugas di bidang 'feeding animal food sale for guest'. Ia mengajak dan mengajarkan pengunjung untuk memberikan makan bagi binatang buas, tentunya dengan cara yang aman.

"Senang rasanya jika bisa ngasih tahu tamu (pengunjung) untuk memberi makan anak-anak (binatang buas) saya di sini," lanjutnya.

BACA JUGA: Tania Artawidjaya, Kartini Muda di Dunia Penerbangan Indonesia

Bukan hanya Dayu, sosok Kartini yang ada di Bali Zoo adalah Gusti Ketut Ratna. Dia merupakan perawat bayi binatang koleksi kebun binatang.

Gusti Ketut Ratna (Nandhang Astika/detikTravel)Gusti Ketut Ratna (Nandhang Astika/detikTravel)


Mirip dengan ibu asuh, selama 5 tahun, setiap harinya Ratna memiliki kewajiban merawat bayi dan anak-anak berbagai macam hewan. Selain memberi makanan ia juga memandikan hingga memeriksa kesehatan bayi binatang itu.

"Sudah 5 tahun menjadi perawat satwa dan sudah merasa seperti merawat anak sendiri," katanya di ruang nursery khusus perawatan bayi binatang.

BACA JUGA: Sumringah, Kartini Flight Bersama Menteri Susi

Sebagai tempat wisata dan wahana konservasi hewan, Bali Zoo memiliki puluhan pegawai termasuk keeper atau penjaga binatang. Dari jumlah karyawan yang ada, 5 orang di antaranya adalah perempuan. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED