Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Apr 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Wajar Pulau Komodo Diberitakan Media Internasional

Afif Farhan
detikTravel
Pantai Namong  yang pasirnya berwarna pink di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)
Pantai Namong yang pasirnya berwarna pink di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)
Jakarta - Baru-baru ini, media Inggris The Guardian menulis bawah laut Pulau Komodo pelan-pelan rusak. Itu dinilai wajar, sebab Pulau Komodo sudah jadi destinasi dunia.

Pekan lalu The Guardian menerbitkan tulisan 'Destroying the world's natural heritage: 'Komodo is reaching a tipping point'. Berisikan, bawah laut Pulau Komodo di Taman Nasional Pulau Komodo, NTT pelan-pelan hancur.

Hal itu diakibatkan oleh penangkapan ilegal dan tidak adanya pariwisata berkelanjutan. Itu menurut pengakuan dari salah satu operator selam, Ed Statham.

Bulan Februari 2018 sebelumnya, media Australia juga menulis tentang Pulau Komodo. Adalah News Australia, yang menyebut kalau Pulau Komodo adalah tempat Jurrasic Park yang nyata.

News Australia mengulas tentang keindahan Pulau Komodo dan pulau-pulau di sekitarnya yang masuk dalam lingkup Taman Nasional Komodo. Diperlihatkan juga foto-foto komodo Sang Naga Purba.

BACA JUGA: Pulau Komodo: Dipuji Media Australia, Disoroti Media Inggris

Melihat hal itu, Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan angkat suara. Menurutnya, Pulau Komodo sudah jadi destinasi dunia dan perkembangan pariwisatanya pesat.

"Taman Nasional Komodo sudah menjadi destinasi dunia. Sekarang, perhatian dunia internasional memang luar biasa pada Pulau Komodo karena ini adalah World Heritage dan cagar alam dunia," papar Budhy kepada detikTravel, Senin (23/4/2018).

Wajar Pulau Komodo Diberitakan Media InternasionalKomodo Sang Naga Purba (Rachman Haryanto/detikTravel)


Kunjungan turis domestik dan mancanegara juga terus meningkat. Angkanya sudah pada ratusan ribu.

"Tahun 2017 lalu, 120 ribu pengunjung di Taman Nasional Komodo. Turis mancanegaranya 75.650. 60 Persen pengunjung yang datang melakukan diving," terangnya.

Apalagi, beberapa tokoh dunia sudah pernah datang ke Pulau Komodo. Sebut saja pebalap terkenal Moto GP, Valentino Rossi yang ke liburan ke sana pada awal tahun 2017 silam. Kemudian ada Miss Universe 2017 Demi-Leigh, yang belum lama ini datang ke Pulau Komodo.

Wajar Pulau Komodo Diberitakan Media Internasional Valentino Rossi berfoto bareng ranger komodo (dok Istimewa)


Di balik pamor Pulau Komodo yang terus meningkat, tentu diiringi dengan pekerjaan yang tak mudah bagi pihak Taman Nasional Komodo. Mereka harus bisa merangkul masyarakat setempat dan menegakkan aturan, agar dunia bawah laut serta keindahan alam lainnya tetap terjaga.

BACA JUGA: Ini 10 Motor yang Harganya Setara Mobil Mewah di IIMS 2018

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED