Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Mei 2018 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Cuma 8 Menit, Inikah Penerbangan Paling Singkat di Dunia?

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto:  Ilustrasi Aruba Airlines (IAEFALCON/Twitter)
Foto: Ilustrasi Aruba Airlines (IAEFALCON/Twitter)
Aruba - Terbang dengan waktu singkat bisa jadi efisien bagi sebagian orang. Namun kalau cuma 8 menit, bagaimana rasanya ya?

Inilah rute penerbangan dari Aruba, sebuah negara di Laut Karibia yang berdekatan dengan Venezuela. Dari sana, traveler bisa melakukan perjalanan menuju Punto Fijo di Venezuela.

Dilansir detikTravel dari Travel+Leisure, Jumat (25/5/2018) rute ini dimiliki oleh maskapai Aruba, yakni Aruba Airlines. Jaraknya hanya 50 mil atau setara dengan 80 kilometer.

Penerbangan ini memiliki frekuensi 2 kali dalam satu minggu. Traveler yang ingin naik dapat mencobanya di hari Senin dan Jumat.

Meskipun jaraknya terbilang dekat, penerbangan ini adalah hasil kerjasama oleh Aruba dan Venezuela. Ini memudahkan turis yang akan pergi ke Curacao dan Bonaire, negara yang juga ada di Laut Karibia. Serta wilayah Miami di Florida, AS dan sebaliknya.

Koneksi penerbangan Venezuela dan beberapa negara di Laut Karibia memang dibatasi. Punto Fijo misalnya, hanya salah satu dari 3 bandara yang diizinkan terbang ke wilayah Aruba.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Sebelumnya, presiden Venezuela, Nicolas Maduro memutus akses udara dan laut ke Aruba, Bonaire dan Curacao. Dikarenakan negara-negara tetangga yang sering mengambil sumber daya Venezuela dan menjualnya di pasar gelap atau black market.


Namun, peraturan tersebut kini sudah tidak diberlakukan lagi setelah 3 bulan. Kini Maskapai Aruba Airlines sudah diperbolehkan membuka rute tersebut.

Untuk sekali terbang biayanya dimulai dari USD 215, atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 3 jutaan.

Penerbangan-penerbangan singkat sebenarnya sudah ada di beberapa wilayah. Misalnya saja di Skotlandia, ada rute penerbangan yang berlangsung hanya 90 detik.

Selain itu ada juga rute Swiss menuju Jerman selama 8 menit, yang kemudian ditutup karena tidak banyak orang yang memesannya. (sna/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED