Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jun 2018 08:55 WIB

TRAVEL NEWS

Pemudik Berburu Makanan Jenang di Kudus

Akrom Hazami
Redaksi Travel
Foto: Pemudik mengunjungi sentra jenang khas Kudus (Akrom Hazami/detikTravel)
Foto: Pemudik mengunjungi sentra jenang khas Kudus (Akrom Hazami/detikTravel)
Kudus - Sejumlah pemudik memanfaatkan kota tujuan atau kota yang dilewatinya untuk belanja oleh-oleh. Di Kabupaten Kudus, para pemudik berburu makanan khas yaitu jenang.

Ini terlihat di satu sentra makanan jenang, Mubarokfood di Jalan Sunan Muria, Kudus. Sejak siang hari sampai sore hari, terpantau ramai.

Pembeli rata-rata datang ke lokasi, menggunakan mobil dengan nomor luar kota. Mobil-mobil itu memenuhi pelataran halaman parkir yang tersedia.

Di antara mereka adalah, Linda Mamangkey Manopo asal Manado, Sulawesi Utara. Pemudik dari Manado tujuan Jakarta ini rela mampir di Kudus sebelum melanjutkan perjalanannya.

"Saya bareng keluarga mampir ke Kudus dulu. Di sini kami mampir ke sentra makanan jenang ini," kata Linda, Selasa (12/6/2018).

Kebetulan di tengah perjalanan mudiknya, ada saudara di Kudus yang mengajaknya mampir. Maka jadilah dia dan keluarga singgah di Kudus. Lantas, saudara mengajaknya ke sentra jenang.

Dia mengaku baru kali pertama ke sentra oleh-oleh jenang. Ada banyak ragam jenang yang dibelinya untuk anaknya yang tinggal di Jakarta.

(Akrom Hazami/detikTravel)(Akrom Hazami/detikTravel)
"Baru ini ke sentra makanan jenang. Rasanya bangga bisa melihat sentra jenang dan membelinya. Saya pasti beli jenang. Untuk oleh-oleh. Ada 11 orang anggota keluarga ini saya ajak bareng," ucapnya.

Dia mengaku sebelum ke Kudus, kemarin sempat juga ke Jepara. Dia mendapatkan informasi jika Kudus, Jepara dan kota sekitarnya punya ragam kebudayaan yang menarik. Makanya dia menyempatkan diri mampir di tengah perjalanan mudiknya.

Sementara itu, pengelola sentra jenang Mubarokfood Muhammad Hilmy, mengaku, pihaknya memang telah mempersiapkan diri menyambut pemudik yang datang ke gerainya. Sejak tiga bulan lalu, pihaknya telah bergegas melakukan kesiapan.

BACA JUGA: Sudah Tahu? Museum Jenang Pertama Ada di Kudus

"Tim telah mendatangkan tenaga musiman. Termasuk juga menyiapkan tenaga guide. Tim telah siapkan semuanya," kata Hilmy.

Pria yang juga Dirut PT Mubarok Food Cipta Delicia ini mengungkapkan, setiap libur Lebaran tiba, kesiapan ekstra sambut pemudik jadi salah satu hal yang masuk dalam perencanaan perusahaan.

Dia memprediksi tingkat kunjungan wisatawan berbelanja akan kian ramai pada H+3 Lebaran. Sebab, pada hari itu pada sore harinya, gerainya baru mulai buka setelah libur sejak H-1 sampai H+3 sore hari.

"Kami yakin pula tren kunjungan akan positif. Tahun lalu saja, kunjungan pemudik yang datang sampai membeludak. Mungkin tahun ini jauh lebih ramai," pungkasnya.


Simak video Bisnis Kerupuk Rambak Kulit Sapi Meningkat Jelang Lebaran (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Saat Gunung Fuji Dilanda Macet

Kamis, 16 Agu 2018 21:28 WIB

Kemacetan bisa muncul juga di Gunung Fuji, Jepang. Bedanya kalau Gunung Fuji, bukan dipenuhi antrean mobil dan motor, melainkan manusia.