Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Jul 2018 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi Sebut Watang Pulu Seperti Belanda, Ini Kata Menteri Pariwisata

Afif Farhan
detikTravel
Presiden Jokowi saat meresmikan PLTB di Watang Pulu (jokowi/Instagram)
Jakarta - Presiden Jokowi menyebut PLTB di Watang Pulu, Sulawesi Selatan mirip seperti di Belanda. Ini tanggapan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Kemarin, Senin (2/7/2018) Presiden Jokowi meresmikan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) atau Wind Turbin (Turbin Angin) di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Provinsi Sulawesi Selatan. Lewat media sosial Instagram, Jokowi menyebut panorama di sana mirip seperti di Belanda. Sebab, terlihat kincir angin yang indah.

"Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa. Padahal Watang Pulu ini di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan -- sekitar 200 kilometer dari Makassar. Dan perasaan saya ini timbul karena di hadapan saya adalah kincir-kincir angin raksasa yang baling-balingnya berputar dihembus angin. Ya, inilah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap, pembangkit listrik bertenaga angin, yang saya resmikan hari ini," begitu tulis caption pada fotonya.

Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa. Padahal Watang Pulu ini di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan -- sekitar 200 kilometer dari Makassar. Dan perasaan saya ini timbul karena di hadapan saya adalah kincir-kincir angin raksasa yang baling-balingnya berputar dihembus angin. Ya, inilah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap, pembangkit listrik bertenaga angin, yang saya resmikan hari ini. Dibangun sejak Agustus 2015, PLTB ini berupa jajaran 30 menara kincir angin raksasa setinggi 80 meter, dengan baling-baling sepanjang 57 meter. Turbin-turbin menara ini bisa menghasilkan total 75 megawatt, yang dapat digunakan untuk mengaliri lebih dari 70.000 pelanggan listrik dengan daya 900 VA. Dengan beroperasinya PLTB Sidrap ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai lebih dari 99 persen, sedikit di atas rasio elektrifikasi nasional saat ini yakni kurang lebih 96 persen. Keindahan alam Watang Pulu dan kincir-kincir angin raksasa PLTB ini pun adalah potensi pariwisata.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Jul 2, 2018 at 5:05am PDT








Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasinya. Apalagi, Jokowi menyinggung Watang Pulu bisa menjadi potensi wisata baru di Sulawesi Selatan.


Saksikan juga 'Kebun Angin Raksasa Kebanggaan Jokowi Nyaris Rampung':

[Gambas:Video 20detik]


"Bagi pariwisata itu adalah atraksi baru. Sebuah daya tarik pariwisata yang bisa dikembangkan sebagai man made atau buatan," kata Arief kepada detikTravel, Selasa (3/7/2018).

BACA JUGA: Watang Pulu yang Kata Presiden Jokowi Seperti di Belanda

Menurut Arief, wisatawan bakal tertarik untuk datang ke Watang Pulu sebab sudah dipromosikan oleh Presiden Jokowi. Apalagi, pasti dibuat penasaran dengan panorama kincir-kincir angin raksasanya yang disebut mirip seperti di Belanda.

"Paling tidak, bisa menjadi spot selfi dan destinasi digital, yang bisa viral di dunia maya. Seperti sensasi yang dirasakan Pak Presiden Jokowi, serasa berada di Negeri Kincir Angin. Tidak usah jauh-jauh ke Belanda, Eropa atau Amerika, di sini juga ada," papar Arief.

Ke depannya, jika Watang Pulu sudah menjadi destinasi wisata maka perkembangan industri pariwisata di sekitarnya juga ikut berkembang. Tentu, juga bisa meningkatkan sektor ekonomi setempat.

"Jika Atraksi semakin kuat, pasti industri lain, yang terkait dengan Amenitas dan Akses juga semakin berkembang. Karena pengembangan destinasi pariwisata itu terkait dengan 3A, kalau sudah punya atraksi, maka akses dan amenitasnya berpotensi berkembang," tutup menteri asal Banyuwangi itu.


Jokowi Sebut Watang Pulu Seperti Belanda, Ini Kata Menteri Pariwisata
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA