Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Jul 2018 17:30 WIB

TRAVEL NEWS

Peningkatan Penumpang & Pesawat Bikin Soekarno-Hatta Jadi Ngaret

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Parastiti Kharisma Putri/detikcom)
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Parastiti Kharisma Putri/detikcom)
Jakarta - Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta disebut sebagai salah satu yang paling ngaret di dunia. Ini sebabnya kenapa susah tepat waktu.

Penilaian dari lembaga aviasi Inggris, OAG, menyebutkan Bandara Soekarno-Hatta memiliki On Time Performance terburuk ketiga di dunia. OTP Bandara Soekarno-Hatta hanya 58,5 persen dari 490.585 penerbangan pertahun.

Simak juga pernyataan 'Menhub: On Time Performace Bandara Soeta di Atas 77%'

[Gambas:Video 20detik]

Sedangkan melalui rilis yang diterima detikTravel dari pihak Angkasa Pura II, Sabtu (7/7/2018), menurut mereka Bandara Soekarno-Hatta saat ini dikategorikan bandara di urutan ke-17 tersibuk di dunia oleh Airport Council International.

Di Indonesia, Bandara Internasional Soekarno-Hatta pun jadi yang tersibuk dengan jumlah penumpang pesawat mencapai lebih dari 63 juta orang per tahun.

Hal tersebut terlihat dari jumlah pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada semester satu (Januari - Juni 2018), yaitu mencapai 32.424.261 penumpang atau tumbuh sebanyak 9% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017 sebesar 29.837.845 penumpang.

Menurut AP II, pertumbuhan lainnya juga terlihat dari sisi pergerakan pesawat yaitu adanya kenaikan sebanyak 28.9%, di mana Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melayani sebanyak 229.120 pergerakan pesawat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 177.686 pergerakan pesawat.

"Dengan pesatnya peningkatan traffic ini berpotensi menimbulkan beberapa masalah di bandara Soekarno-Hatta, yaitu rendahnya On-Time Performance penerbangan airlines, kurang efektifnya pergerakan pesawat di airside dan juga kurang optimalnya penggunaan slot penerbangan," kata AP II dalam pernyataan resminya.

Peningkatan Penumpang & Pesawat Bikin Soekarno-Hatta Jadi Ngaret
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED