Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Jul 2018 19:20 WIB

TRAVEL NEWS

Hawaii Bakal Larang Penggunaan Sunblock

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi penggunaan sunblock (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi penggunaan sunblock (Thinkstock)
Honolulu - Sunblock atau tabir surya adalah benda wajib para traveler. Namun di Hawaii, Amerika Serikat, barang ini akan dilarang. Eh, bagaimana?

Dilansir detikTravel dari Travel+Leisure, Senin (9/7/2018) Hawaii bakal punya peraturan untuk melarang sunblock atau tabir surya. Gubernur David Ige akan menandatangani RUU tersebut pekan ini dan aturannya akab berlaku 2021.



Apa alasannya? Ini adalah upaya Hawaii untuk melindungi kehidupan laut, karena sebagian besar tabir surya yang beredar di pasaran mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk terumbu karrang, seperti oxybenzone dan octinoxate.

Padahal, kedua zat tersebut sangat efektif untuk mencegah kanker kulit karena paparan sinar matahari. Namun, dampaknya bagi laut adalah pemutihan terumbu karang, bahkan bisa membunuh pertumbuhan karang baru.

Tabir surya yang beredar di AS pun 70 persennya mengandung dua zat tersebut. Merek-merek itu adalah Banana Boat, Coppertone dan Hawaiian Tropic.

Namun, ada juga zat yang berbahan dasar mineral yang tidak larut dalam air untuk menjaga kulit agar tidak kena paparan sinar matahari langsung. Sunblock ini menggunakan zinc oxide dan titanium dioxide untuk memantulkan sinar matahari ke kulit.



Meskipun akan dilarang pada tahun 2021 mendatang, aturan ini tidak berlaku bagi wisatawan internasional yang membawa tabir surya bukan dari Hawaii.

Rencananya, bukan cuma Hawaii yang menggunakan aturan ini. Pulau Bonaire di Karibia juga akan menerapkannya pada tahun 2021 mendatang. Kalau menurut traveler bagaimana? (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA