Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Jul 2018 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Operasional Jip Bromo Akan Dibatasi, Begini Tanggapan Sopir

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi mobil jip Bromo (Wahyu/detikTravel)
Ilustrasi mobil jip Bromo (Wahyu/detikTravel)
Malang - Beredar kabar operasional jip di kawasan Bromo akan dibatasi. Dari pihak sopir, mereka sendiri setuju akan wacana ini.

Beredar rencana pembatasan operasional mobil jip di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), terutama di 3 kawasan yaitu Bukit Teletubbies, Lautan Pasir Bromo, serta di View Point Penanjakan.

Menanggapi hal ini, salah satu sopir jip yang detikTravel temui, Ngatenu (58) menyebut rencana pembatasan ini tidak menjadi masalah. Dirinya dan sopir lain setuju-setuju saja, asal itu demi kebaikan pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Rencananya ada pembatasan, karena jumlahnya terlalu banyak. Dari pintu masuk Malang, sehari kalau ramai ada 200 (mobil jip) lebih. Saya setuju saja, biar nggak rusak," ujar Ngatenu di Plataran Bromo, Rabu (25/7/2018).

Ngatenu juga menyoroti rencana pembatasan ini sebagai perlindungan juga bagi pihak sopir. Soalnya ada sopir yang tidak memiliki KTA juga bisa masuk ke Bromo. Ditakutkan sopir yang tidak terdaftar dalam paguyuban inilah yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Ada sopir yang punya KTA (Kartu Tanda Anggota), ada yang nggak punya KTA. Yang nggak punya KTA bisa masuk juga ke Bromo. Kalau tamu minta ke sana-ke sini, kan bisa rusak nanti," imbuh Ngatenu.

BACA JUGA: Si Cantik Tara Basro yang Terpesona Keindahan Bromo

Rencananya, jumlah mobil jip yang bisa masuk ke Bukit Teletubbies 640 unit per hari dan parkir di sekitar toilet bunker. Sementara di View point Pananjakan dibatasi sebanyak 180 unit.

Selain itu, pembatasan kendaraan juga dilakukan terhadap mobil pribadi dan roda 2 yang tergabung dalam klub. Mereka akan diberi izin masuk ke Bromo pada hari Senin-Jumat saja, sedangkan akhir pekan dan libur, izin tidak diberikan.



Tonton juga video: 'Keindahan Gunung Bromo dari Pasuruan'

[Gambas:Video 20detik]

(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED