Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Jul 2018 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Fakta-fakta Pariwisata Dubai dalam Angka

Afif Farhan
detikTravel
Burj Khalifa, ikonnya Dubai (AFP)
Burj Khalifa, ikonnya Dubai (AFP)
Dubai - Dubai terkenal dengan gedung pencakar langit tertinggi dan berbagai kemewahannya. Ada fakta menarik Dubai dalam angka nih!

Dalam siaran pers dari Dubai Tourism yang diterima detikTravel, Jumat (27/7/2018) Dubai memiliki beragam destinasi wisata yang lengkap. Dari deretan pantai eksotis sampai gedung-gedung pencakar langit ada di sana.

Tapi, bagaimana kalau mempersentasikan Dubai dalam angka? Mungkin belum banyak traveler yang tahu berapa sih jumlah lantai di Burj Khalifa, berapa jumlah penumpang yang mendarat di bandaranya dalam setahun atau berapa panjang garis pantai Palm Jumeirah.

BACA JUGA: Dubai yang Indah dari Mata Pangerannya

Berikut, fakta-fakta pariwisata Dubai dalam angka:

164 - Jumlah Lantai di Burj Khalifa

Dengan tinggi lebih dari 828 meter, Burj Khalifa adalah gedung tertinggi di dunia. Dibuka pada tahun 2010 dan berisikan apartemen, kantor, dua dek observasi, hotel dan restoran dan bar tertinggi di dunia. Jumlah lantainya yakni 164 lantai.

Turis di atas Burj Khalifa (Afif Farhan/detikTravel)Turis di atas Burj Khalifa (Afif Farhan/detikTravel)


200 - Jumlah Kebangsaan yang Tinggal di Dubai

Sejak awal berdirinya sebagai sebuah pelabuhan perdagangan, hingga evolusinya sebagai salah satu tujuan wisata utama dunia, Dubai telah menyambut orang-orang dari semua negara yang memilih untuk tinggal dan bekerja di Dubai. Dubai saat ini menjadi rumah bagi lebih dari 200 kebangsaan yang berbeda.

2000 - Jumlah banyaknya Restoran di Dubai

Campuran ragam budaya di Dubai telah menginspirasi jenis makanan yang beragam seperti halnya populasi kosmopolitan di Dubai, mulai dari restoran yang menyajikan hidangan klasik terbaik, hingga makanan lokal yang menjadi favorit di antara penduduk setempat selama beberapa dekade dan street food yang baru diketahui banyak orang, semua ragam pilihan tersebut akan cocok untuk semua lidah dan anggaran.

88,2 Juta - Penumpang yang Melewati Dubai International Airport di Tahun 2017

Dubai International Airport adalah salah satu pusat penerbangan tersibuk di dunia, dimana pada tahun lalu bandara ini menyambut lebih dari 88 juta penumpang. Pengumuman terbaru tentang perubahan pada visa transit di Dubai membuat orang-orang berpikir untuk memilih bandara sebagai bagian dari jadwal penerbangan akan menjadi pilihan yang lebih menarik, karena dengan hal itu sekarang jauh lebih mudah bagi para turis untuk menjelajahi Dubai selama 48 jam sebagai bagian dari persinggahan.

Lounge Emirates di Bandara Dubai (Afif Farhan/detikTravel)Lounge Emirates di Bandara Dubai (Afif Farhan/detikTravel)


78,6 - Panjang Kilometer Garis Pantai di Palm Jumeirah

Selesai dibangun pada tahun 2011, Palm Jumeirah merupakan rumah bagi beberapa penginapan paling ikonik di Dubai, termasuk Atlantis The Palm, Jumeirah Zabeel Saray, One&Only The Palm Resort, dan banyak lagi. Tempat ini juga dikemas dengan pilihan bersantap yang fantastis dan layak dikunjungi, seperti Nobu dan Maiden Shanghai, yang dapat traveler kunjungi jika tidak menginap di salah satu penginapan di sana.

Pantai Jumeirah di kawasan Palm Jumeirah (Afif Farhan/detikTravel)Pantai Jumeirah di kawasan Palm Jumeirah (Afif Farhan/detikTravel) Foto: undefined


Bagi traveler yang ingin mencari pengalaman bersantap di pantai dengan suasana santai, maka traveler wajib mengunjungi Club Vista Mare, yang menampilkan tujuh restoran dengan hamparan pasir sepanjang 120 meter. Palm Jumeirah juga merupakan surga bagi para fitness enthusiasts dengan jalur khusus untuk lari yang membentang sepanjang hampir tiga kilometer, dan Boardwalk Palm Jumeirah yang dibangun diatas bebatuan dari pemecah ombak dan membentang di sepanjang pantai sejauh 11 kilometer, sangat cocok untuk bersepeda.

80 - Kilometer Per Jam, Kecepatan Penerbang saat Perjalanan Turun di XLine Dubai Marina

Hingga saat ini berdiri sebagai urban zip line terpanjang di dunia, memanjang satu kilometer penuh dari ketinggian 170meter ke permukaan tanah, XLine Dubai Marina memiliki kemiringan 16 derajat dan mencapai kecepatan tertinggi rata-rata 80 kilometer per jam.

XLine Dubai Marina (Dubai Tourism)XLine Dubai Marina (Dubai Tourism)


29 - Persentase dari Jumlah Menteri Wanita di Pemerintahan UEA

UEA bertujuan untuk menjadi salah satu dari 25 negara teratas di dunia yang unggul dalam bidang pemberdayaan wanita. PBB dan Forum Ekonomi Dunia telah mengakui negara ini atas keberhasilannya dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan peran wanita di semua aspek kehidupan. UEA memiliki sembilan menteri perempuan, dari total keseluruhan 31 menteri. Ini berarti bahwa 29 persen dari para menterinya adalah wanita, menjadikannya salah satu tingkat tertinggi dari perwakilan kementerian di wilayah tersebut. Wanita juga merupakan 66 persen dari pekerja sektor publik, dengan 30 persen dari mereka memiliki peran kepemimpinan.

2.500 - Jumlah Hewan di Dubai Safari

Hanya dengan berkendara singkat dari Pusat Kota Dubai, traveler dapat mengunjungi Dubai Safari Park seluas 119 hektar ini. Taman ini dibagi menjadi beberapa bagian, seperti Asian Village, African Village dan Open Safari Village, dan menciptakan kembali habitat berbeda yang cocok untuk satwa liar yang bervariasi dan unik, termasuk 2.500 hewan dari lebih dari 250 spesies yang ada di seluruh dunia.

(Afif Farhan/detikTravel)(Afif Farhan/detikTravel)


4 - Jumlah dari Jenis Taman Rekereasi yang ada di dalam Dubai Parks & Resorts

Menampilkan lebih dari 100 wahana indoor dan outdoor yang luar biasa dan atraksi di empat taman yang berbeda, MOTIONGATE Dubai, Bollywood Parks Dubai, LEGOLAND Dubai dan LEGOLAND Water Park, Dubai Parks & Resorts memberikan kesempatan untuk menguji adrenali!

15 - Jumlah Galeri Kesenian yang Berlokasi di Alserkal Avenue

Berlokasi di kawasan industry Al Quoz, Alserkal Avenue adalah pusat seni dan budaya yang paling terbaik di kawasan ini, dan merupakan rumah bagi 30 ruang kreatif, 15 galeri kontemporer teratas, sebuah museum pribadi, dan juga sebuah yayasan. Didirikan pada tahun 2007 dengan tujuan untuk mendorong dan mendukung perkembangan seni kontemporer di kawasan ini, Alserkal Avenue membawa dinamisme ke komunitas seni di Dubai dengan galeri-galerinya yang sangat beragam dan mewakili seniman baru maupun yang telah ahli. Lingkungannya juga mengakomodasi pameran, obrolan, diskusi panel, Young Collector Auction (lelang) dan festival berbasis komunitas yang merayakan seni, kuliner dan kreativitas. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED