Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Agu 2018 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Gili Lawa Kebakaran, Ini Imbauan Keras dari Menteri Pariwisata

Gili Lawa yang terlihat hitam pasca kebakaran (dok Taman Nasional Komodo)
Jakarta - Menteri Pariwisata Arief Yahya turut prihatin atas peristiwa kebakaran di Gili Lawa, Taman Nasional Komodo, NTT. Dia memberikan imbauan keras.

Rabu (1/8) malam, Gili Lawa kebakaran. Api melahap habis padang savana dan perbukitannya. Beruntung, pihak Taman Nasional Komodo bergerak cepat dan memadamkan api dalam hitungan jam.

BACA JUGA: Cerita Saksi Mata yang Melihat Gili Lawa Kebakaran

Menteri Pariwisata Arief Yahya merasa prihatin. Tak ayal, Gili Lawa notabenya adalah salah satu destinasi andalan Labuan Bajo. Labuan Bajo sendiri merupakan bagian dari 10 Destinasi Prioritas atau juga dikenal 10 Bali Baru.

"Saya prihatin atas kejadian kebakaran hutan di Gili Lawa, Labuan Bajo Komodo, NTT itu. Saya berharap ke depan, jangan sampai kecelakaan serupa terjadi lagi," katanya kepada detikTravel, Jumat (3/8/2018).

Gili Lawa Kebakaran, Ini Imbauan Keras dari Menteri PariwisataFoto: (kurniawan_jack/Instagram)


Arief pun mengimbau dengan keras, baik kepada tour operator dan juga wisatawan. Saat berwisata, patuhi dan jagalah kondisi alam.

"Saya mengimbau kepada semua pihak, terutama para tour agent/tour operator agar lebih disiplin dalam memandu wisatawan. Ikuti aturan main, di destinasi apapun, baik alam, budaya maupun buatan," kata Arief.

"Begitu pun para wisatawannya, hormati aturan-aturan yang ada di destinasi wisata. Beritahu dan sosialisasikan kepada mereka sebelum berwisata," tambah menteri asal Banyuwangi tersebut.

BACA JUGA: Begini Indahnya Gili Lawa Sebelum Kebakaran

Sebelumnya secara terpisah, Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan menjelaskan Gili Lawa akan dibiarkan pulih secara alami. Dia pun berharap agar tour operator dan wisatawan untuk mematuhi segala peraturan di kawasan Taman Nasional Komodo.

"Perlu ada kesadaran semua pihak dari pengunjung, guide dan pemandu kapal untuk menjaga aktivitas selama di Taman Nasional Komodo," imbaunya.

Tonton video Melihat Aksi Ranger Padamkan Api di Gili Lawa:

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA