Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Nov 2018 19:05 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Kabar Terkini Gili Lawa Pasca Bencana Kebakaran?

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Kebakaran Gili Lawa (Dok. Kementerian LHK)
Foto: Kebakaran Gili Lawa (Dok. Kementerian LHK)

FOKUS BERITA

Gili Lawa Kebakaran
Manggarai Barat - Masih ingat kebakaran Gili Lawa yang bikin heboh dunia pariwisata? Pulau indah ini sekarang sedang pemulihan dan disiapkan pencegahan kebakaran.

Menurut Viktor Laiskodat, Gubernur NTT, kini Gili Lawa dalam masa pemulihan. Ia pun mengatakan akan meminta pemerintah pusat untuk membantu pemulihan Gili Lawa.

"Sekarang kita lagi benahi. Dan kita minta pemerintah pusat ke depan untuk pengelolaan bersama sehingga kita bisa pantau dengan teknologi-teknologi yang ada," ujarnya saat ditemui detikTravel dalam peluncuran Tempat Pelelangan Ikan di Labuan Bajo, Jumat (30/11/2018).

Apa Kabar Terkini Gili Lawa Pasca Bencana Kebakaran?Gubernur NTT Viktor Laiskodat (Shinta/detikTravel)


Menurut Viktor, nantinya, bantuan pemerintah pusat akan dimaksudkan untuk membangun teknologi dan sumber daya agar untuk mencegah hal yang dulunya terjadi.

"Anggaran itu akan kita pakai untuk membangun teknologi, untuk kita bisa membantu potensi dan sumber daya yang ada jadi orang yang bisa melakukan tindakan kriminal seperti itu bisa kita halau atau kita antisipasi," tambah Viktor.

Awal Agustus silam, Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur mengalami kebakaran. Menurut Polri, hal ini dipicu oleh gesekan benda mudah terbakar.

BACA JUGA: Polri: Kebakaran Gili Lawa Akibat Gesekan Benda Mudah Terbakar

TN Komodo pun sudah memberi larangan untuk wisatawan agar tidak melakukan tindakan yang memicu kebakaran seperti merokok, menyalakan api dan membuat api unggun. Bagi orang yang melanggar, dan sengaja membakar hutan akan diancam dengan pidana penjara maksimal 15 tahun dan denda Rp 5 miliar. Sedangkan bagi orang yang lalai dan menyebabkan kebakaran hutan, akan dipidana maksimal 5 tahun dan denda Rp 1,5 miliar.

BACA JUGA: Awas! Dilarang Merokok dan Menyalakan Api di TN Komodo

(wsw/fay)

FOKUS BERITA

Gili Lawa Kebakaran
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED