Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Agu 2018 07:40 WIB

TRAVEL NEWS

Aksi 4 Ekor Gajah di Pekan Kebudayaan Aceh

Agus Setyadi
detikTravel
Gajah di Pekan Kebudayaan Aceh 7 (Agus Setyadi/detikTravel)
Gajah di Pekan Kebudayaan Aceh 7 (Agus Setyadi/detikTravel)
Banda Aceh - Ada yang menarik di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) tahun ini. Empat ekor gajah lucu ramaikan pawai budaya. Gemas!

Empat ekor gajah jinak ikut memeriahkan pawai budaya dalam rangka menyemarakkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7. Kehadiran satwa dilindungi tersebut menarik perhatian warga dan wisatawan yang hadir.

Pantauan detikTravel, Senin (6/8/2018) pawai budaya digelar mulai dari Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Aceh. Para peserta pawai berasal dari 23 kabupaten/kota di Tanah Rencong.

Mereka berkumpul lengkap dengan pakaian adat masing-masing. Usai dilepas Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, mereka mengitari sejumlah ruas jalan protokol di Banda Aceh.

Rute yang ditempuh yaitu dari Lapangan Blang Padang menuju ke Simpang Jam, melintasi Meuligoe Gubernur Aceh, menuju Panggung Kehormatan yang berada di sisi utara Masjid Raya Baiturrahman. Setelah berkeliling, peserta pawai selanjutnya kembali ke Lapangan Blang Padang.

Dalam pawai tersebut, pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah memimpin jalannya pawai. Nova menunggangi seekor gajah yang sudah disiapkan. Di atas tubuh satwa berjuluk Po Meurah tersebut, ditaruh tempat duduk.

Kehadiran gajah-gajah ini menyedot perhatian warga. Meski terik matahari, masyarakat rela panas-panasan menunggu peserta pawai lewat. Selain itu, kehadiran seekor gajah putih yang dibawa peserta dari Gayo juga menarik perhatian. Masing-masing gajah yang dipakai untuk pawai ini ditemani oleh seorang mahout.

Selain itu, dalam arak-arakan pawai, masing-masing daerah menampilkan ciri khas dan keunggulan budaya lewat pakaian yang digunakan. Di antaranya seperti baju adat, gaun kreasi, putroe bungong, atraksi budaya dan kearifan lokal ditampilkan dalam pawai tersebut.

"Selamat mengikuti PKA 7 dan selamat datang di Banda Aceh. Mari bersama kita meriahkan dan sukseskan event ini. Mari kita tunjukkan keluhuran budi dan kekayaan adat budaya Aceh ke mata dunia," kata Aminullah.

Pagelaran event PKA secara resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pada Minggu (5/8) malam di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh. Kegiatan empat tahunan ini berlangsung selama 10 hari dan akan berakhir pada 15 Agustus mendatang. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED