Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Agu 2018 12:55 WIB

TRAVEL NEWS

Weekend Ini, Ada Festival Layang-layang Internasional di Makassar

Ibnu Munsir
Redaksi Travel
Foto: Festival layang-layang di Makassar (Ibnu Munsir/detikTravel)
Foto: Festival layang-layang di Makassar (Ibnu Munsir/detikTravel)
Makassar - Suasana Pantai Akkarena Makassar begitu merah di akhir pekan. Festival Layang-layang Internasional tengah digelar di sana.

Festival Layang-layang Internasional di Pantai Akkarena, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan berlangsung meriah. Layang-layang berbagai jenis ini menghiasi langit Makassar.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. Kata dia, permainan layang-layang cukup digemari semua kalangan. Bahkan permainan ini sudah menjadi salah satu daya tarik pariwisata.

"Festival ini merupakan asahan kreativitas bagi masyarakat. Ini juga salah satu olahraga dan seni yang harus kita pertahankan terus adanya," kata Danny, ditemui di Pantai Akkarena, Minggu (19/8/2018).

Weekend Ini, Ada Festival Layang-layang Internasional di MakassarFoto: (Ibnu Munsir/detikTravel)
Danny menuturkan festival layang-layang tahun ini akan diadakan dua kali. Untuk yang kegiatan keduanya akan diadakan pada saat acara F8 Oktober 2018 mendatang. Event yang tiap tahun diadakan ini diikuti banyak peserta yang sudah berpengalaman mengikuti berbagai Festival Layang-layang baik di dalam maupun luar negeri.

"Event ini sangat ditunggu-tunggu dan cukup bergengsi karena dihadiri beberapa peserta dari berbagai daerah di Tanah Air dan juga Peserta dari luar negeri. Masyarakat dan pengunjung juga akan berpartisipasi dengan mengikuti workshop pembuatan layang-layang," pungkasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan Festival Layang-layang Internasional digelar sebagai promosi pariwisata di Makassar. Agar para wisatawan bisa hadir dan berkunjung ke Makassar.

(Ibnu Munsir/detikTravel)(Ibnu Munsir/detikTravel)


"Promosi pariwisata Makassar. Kita genjot terus apalagi ada penyelenggaraan F8 nantinya akan digelar di Makassar," kata Maya.

Festival ini diikuti 20 peserta dengan 40 jenis layang-layang berbeda seperti layangan 3 dimensi, dari berbagai Kota di Indonesia seperti, Jakarta, Surabaya, Bali, serta Makassar, termasuk negara Singapura juga hadir. Ada pula layang-layang 2D, layang-layang Train atau Naga yang menambah suasana seru.

"Ada dari Singapura juga hadir ikut memeriahkan, dari berbagai kota di Indonesia juga membawa layang-layangnya," jelasnya.

Meski berlangsung meriah, tak seluruhnya Layang-layang dapat diterbangkan di Pantai Akkarena Makassar lantaran anginnya tak begitu kencang.

"Mungkin besok kita akan coba terbangkan lebih banyak lagi. Karena anginya kurang kencang," jelasnya.

Festival Layang-layang Internasional berlangsung tanggal 18-19 Agustus 2018. Silahkan berkunjung langsung ke Pantai Akkarena Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga.

(Ibnu Munsir/detikTravel)(Ibnu Munsir/detikTravel)

Tonton juga video: 'HUT RI ke-73, Festival Layang-layang Ramaikan Gunung Prau'

[Gambas:Video 20detik]

(krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

6 Tips Wisata ke Patung GWK

Rabu, 19 Sep 2018 18:45 WIB

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali menjadi ikon yang digemari turis. Agar wisata ke sana lebih maksimal, simak dulu tips berikut ini.