Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Sep 2018 22:05 WIB

TRAVEL NEWS

'Laskar Digital' Palembang Siap Viralkan Destinasi Wisata di Sumsel

Prima Fauzi
detikTravel
Foto: (Randy/detikTravel)
Foto: (Randy/detikTravel)
Palembang - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang siap mengaktivkan gerakan dari Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Kehadiran generasi pembawa pariwisata RI itu disambut Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan positif. Menurutnya GenPI bisa memberikan nilai komersial yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat sekitar.

"Saya sering menyebutnya 2C, yaitu Creative Value dan Commercial Value. Pertama, creatif dalam mengangkat tema-tema pariwisata di media sosial, dari soal desain, angel, pemilihan kata, interaktif di medsos, sampai mengemas event. Kuncinya, harus selalu fresh dan kekinian," tutur Arief dalam keterangan tertulis, Selasa (11/9/2018).

"GenPI kan punya pasar-pasar kreatif yang instagramable dan selalu booming dimana-mana. Itu ada operational return dan non operational return yang bisa dibagi ke masyarakat dan GenPI sendiri. Sementara kawan-kawan GenPI kampus juga bisa melakukan Hal serupa," tambahnya.

Direktur Poltekpar Palembang, Zulkifli Harahap mengatakan sudah ada 800 mahasiswa yang siap memperkuat laskar digital Poltekpar Palembang. Sejak dibentuk, GenPI di Poltekpar Palembang langsung membuat program dan pemetaan destinasi di Sumsel.


"Saat ini ada 800-an mahasiswa di Poltekpar Palembang. Semuanya diwajibkan bergabung ke GenPI. Mereka akan menjadi agent of change (agen perubahan) untuk pariwisata Indonesia umumnya, dan Sumsel khususnya," ujar Zulkifli.

Zulkifli menjelaskan, masuknya GenPI di Poltekpar Palembang, akan memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Dia menilai, kampus memiliki potensi besar untuk mengangkat pariwisata Indonesia.

"GenPI cocok dengan generasi milenial yang menjadikan wisata sebagai bagian dari gaya hidup. GenPI juga cocok bagi mahasiswa yang suka piknik, suka foto dan jalan-jalan ke destinasi wisata di Indonesia. Ini menjadi wadah yang pas untuk berkreasi," tuturnya.

Dia menambahkan, mengenal dunia digital saat ini menjadi keharusan. Untuk itu fokus pembelajaran di Poltekpar Palembang juga digiring ke arah digital.


"Dengan adanya GenPI, para siswa mendapat ilmu baru sekaligus membuka cakrawala. Kami ingin membangun jiwa interpreneur siswa dan semua itu bisa didapatkan di GenPI," ujarnya.

Pemetaan destinasi yang sudah dilakukan Poltekpar Palembang yaitu terkait persungaian yang ada di Palembang dan Sumsel. Selain itu, wisata budaya dan religi juga menjadi fokus utama.

"Di Palembang kan yang terkenal sungai-sungainya. Kita perkenalkan wisata-wisata di jalur sungai ke dunia, seperti Sungai Musi. Selain itu juga wisata budaya dan religinya kita angkat," pungkas dia.



Cek video Kemenhub Klaim LRT Palembang Sudah Pakai Teknologi Terkini
(idr/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED