Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Sep 2018 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Banyuwangi Promosi Destinasi Baru Sambil Adu Balap Sepeda

Ardian Fanani
detikTravel
Suasana balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (Ardian/detikTravel)
Suasana balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (Ardian/detikTravel)
Banyuwangi - Balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) akan digelar pada 26-29 September 2018. Event ini sekalian ajang promosi destinasi di Banyuwangi.

Tahun ini, penyelenggaraan ITdBI sudah memasuki pelaksanaan ke-7. Tema yang dipilih adalah 'Spirit of Blue Fire'. Para peserta akan menempuh jarak sekitar 599 kilometer, yang terbagi dalam empat etape. Seluruh etape yang disiapkan, akan mengambil start di lokasi ikonik Banyuwangi. Beberapa spot baru, juga menjadi jalur etape para pebalap sepeda.

Salah satu contohnya, adalah destinasi wisata Rowo Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Start awal etape ITdBI 2018, bakal finish di destinasi wisata Banyuwangi ini. Ada pula Pantai Sarongan Pesanggaran, sebagai lokasi start terjauh dari pusat kota Banyuwangi, kemudian finish di Paltuding Ijen.

Sepanjang etape ITdBI, pebalap akan melalui bentangan sawah dan perbukitan. Ditambah lagi spot-spot menanjak juga akan membentang dari jalur lomba. Dan masih banyak lagi pemandangan indah yang disuguhkan dalam 4 etape balap sepeda ITdBI 2018.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, ITdBI tidak hanya mengejar sisi prestasi. Tetapi juga pariwisata. Itulah alasan memilih rute yang kuat wisatanya. Tak hanya itu, kesenian dan tradisi juga akan ditampilkan di lokasi start dan finish.

"Pemandangan yang dilalui pembalap sangat indah, pembalap pasti akan terkesan. Disamping itu kita juga akan tampilkan kesenian tradisional di start dan finish," kata Bupati Anas kepada detikTravel, Rabu (19/9/2018).

Menteri Pariwisata Arief Yahya tidak ragu mengacungkan jempol untuk Banyuwangi. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi dan menyambut dengan baik kembali digelarnya ajang International Tour de Banyuwangi Ijen 2018. Apalagi, ITdBI merupakan satu-satunya yang meraih predikat excellence dengan nilai 90 poin dari Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI).

"ITdBI menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi. Penyelenggaraan sport tourism ini juga memberikan direct impact ekonomi pariwisata bagi masyarakat," ujar Menpar Arief Yahya.

Yang paling terasa dengan hadirnya event ini adalah unsur amenitas. Biasanya, tingkat hunian hotel selalu penuh. Semua kamar habis dipesan oleh para pembalap, teknisi, tenaga medis, hingga keluarga si atlet.

"Mereka akan membelanjakan uangnya selama berada di Banyuwangi. Dan uang ini diterima langsung oleh masyarakat setempat. Inilah direct impact dari sport tourism yang bisa dinikmati langsung masyarakat," ujar Menpar Arief Yahya. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED