Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Sep 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Duh Wulan Guritno, Kok Kamu Angkat-angkat Bintang Laut?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Wulan Guritno angkat-angkat bintang laut di Labuan Bajo (Instagram/@wulanguritno)
Foto: Wulan Guritno angkat-angkat bintang laut di Labuan Bajo (Instagram/@wulanguritno)
Labuan Bajo - Aktris cantik Wulan Guritno sedang liburan ke Labuan Bajo. Menikmati keindahan lautnya, ibunda Shaloom Razade ini kedapatan angkat-angkat bintang laut. Duh!

Wulan Guritno sedang liburan keluarga di Labuan Bajo. Lewat Instagram, ibunda Shaloom Razade ini memamerkan keseruan liburan bersama keluarganya di sana.

Namun ada yang patut disayangkan dari liburan Wulan Guritno sekeluarga di Labuan Bajo. Di salah satu foto yang diunggah Wulan di Instagram, tampak Wulan sedang mengangkat bintang laut dari dalam air.

Dilihat detikTravel, Senin (24/9/2018), foto yang diunggah Wulan sekitar 21 jam yang lalu itu menampilkan Wulan yang berbikini hitam mengangkat bintang laut hingga separuh keluar di udara, sementara separuh sisanya masih berada di dalam air.

Dalam caption fotonya, Wulan menuliskan "Hey There" sambil menyisipkan emoji bintang laut. Foto itu sendiri sudah disukai sekitar 53 ribu kali dan dikomentari 577 akun.

View this post on Instagram

Hey there 馃専

A post shared by Sri Wulandari Guritno 馃嚠馃嚛馃嚞馃嚙 (@wulanguritno) on Sep 23, 2018 at 3:38am PDT



Dari ratusan komentar yang masuk, beberapa komentar netizen sudah mengingatkan Wulan agar tidak mengangkat bintang laut dari perairan.

"Mbak Wulan, I adore you so much, but I don't agree what u did in this pic," tulis @my.sassy

"Haduh kok di angkat. Kalo nih orang join trip, gimana nih guide nya ga ngasih tau," tulis @namirazizi.

Ada juga netizen yang dengan tegas meminta Wulan untuk menghapus foto mengangkat bintang laut ini.

"please remove/delete this photo from your Instagram wall," tulis @hanisavtri.

"Mba Wulan..dinikmati saja tanpa harus dipegang2. Love is not about possesion, is about appreciation. Semoga foto ini bisa segera dihapus, terimakasih sebelumnya utk perhatian dan kebijaksanaannya," tegas @pumpela.

Wulan Guritno bukan selebriti pertama yang melakukan tindakan ini. Sebelumnya detikTravel pernah menulis tentang Anya Geraldine yang kedapatan mengangkat bintang laut saat liburan ke Pulo Cinta di Gorontalo.

BACA JUGA: Duh! Anya Geraldine Kok Angkat-angkat Bintang Laut

Terkait ini, detikTravel juga pernah menulis mengapa kita tidak boleh mengangkat bintang laut dari perairan yang menjadi habitatnya. Salah satu alasannya adalah karena tindakan tersebut bisa mengganggu si bintang laut.

"Meski tidak termasuk binatang yang dilindungi namun mengangkat-angkat seperti itu artinya membuat stress si bintang. Ini tentunya berdampak buruk untuk binatangnya," jelas Dr Ir Diah Permata Msc, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP.

BACA JUGA: Mengapa Tidak Boleh Angkat Bintang Laut dari Air?

"Ya mungkin tidak sekali diangkat langsung mati. Tapi berkali-kali diangkat maka akan menimbulkan stress berlebihan karena terekspos udara. Dari kondisi tersebut kematian bisa terjadi," tambah Diah.

Tak hanya Wulan yang memegang dan mengangkat-angkat bintang laut, ada foto lain yang menampilkan sang anak, yaitu, Shaloom, London dan Jeremiah juga melakukan hal yang sama.

Mari kita menjadi wisatawan yang lebih baik lagi, dengan menjaga kelestarian alam dan isinya. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED