Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Okt 2018 17:30 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Pesona Lokal untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

Ibnu Munsir
detikTravel
Festival Pesona Lokal Peduli Palu Donggala (Ibnu Munsir/detikTravel)
Festival Pesona Lokal Peduli Palu Donggala (Ibnu Munsir/detikTravel)
Makassar - Festival Pesona Lokal kembali digelar pada hari ini di Monumen Mandala Makassar. Festival ini bentuk kepedulian terhadap korban gempa dan tsunami Palu.

Berbeda dengan kegiatan di kota-kota sebelumnya, kegiatan pada hari ini adalah bentuk kepedulian kepada saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

Pantauan detikTravel, Minggu (7/10/2018) begam kostum meramaikan Jalan Jenderal Sudirman Makassar. Festival Pesona Lokal yang bertajuk Festival Pesona Lokal Peduli Palu Donggala ini dihadiri 1000 berbagai kebudayaan dan kearifan lokal Sulawesi.

(Ibnu Munsir/detikTravel)(Ibnu Munsir/detikTravel) Foto: undefined


"Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Makassar atas sambutan hangat dan partisipasinya pada kegiatan hari ini. Saya mewakili jajaran manajemen Adira Finance menyampaikan simpati terdalam terhadap musibah yang melanda saudara-saudara kita di Palu dan Donggala. Kami berharap kegiatan siang hari ini dan bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban mereka," kata Niko Kurniawan, Direktur Penjualan, Pelayanan dan Distribusi Adira Finance.

Acara Festival Pesona Lokal Palu dan Donggala dimulai dengan acara Parade Karnaval Budaya yang diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta. Mereka nanti akan menampilkan berbagai kebudayaan dan kearifan lokal Sulawesi.

(Ibnu Munsir/detikTravel)(Ibnu Munsir/detikTravel) Foto: undefined


Seluruh peserta Karnaval Budaya juga menyerukan ajakan bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada para korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, untuk dapat datang langsung mengunjungi Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat. Karena disediakan tenda donasi pada kegiatan Festival Pesona Lokal bagi masyarakat yang ingin berbagi.

"Selain karnaval budaya, lomba mural dengan tema Pesona Kotaku serta Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Kapurung juga akan meramaikan Festival Pesona Lokal Peduli Palu Donggala. Hasil lukisan mural yang dilombakan akan dilelang pada akhir acara dan seluruh keuntungan disumbangkan untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala," tambah Niko..

Selain itu, terdapat bazar amal dan lomba UMKM terbaik. Total hadiah ratusan juta rupiah akan diberikan kepada para pemenang Festival Pesona Lokal hari ini. Para pemenang turut mendonasikan sebagian dari hadiah tersebut kepada korban bencana Palu dan Donggala.

(Ibnu Munsir/detikTravel)(Ibnu Munsir/detikTravel) Foto: undefined


Festival Pesona Lokal Peduli Palu Donggala pada hari ini juga didukung penuh oleh pemerintah setempat. Turut hadir Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah untuk menyapa dan memberikan sambutan di festival. Pada kesempatan ini, gubernur juga memimpin doa bersama dengan pengunjung untuk keselamatan seluruh masyarakat Palu dan Donggala.

"Harapan kami festival pada hari ini dapat bermanfaat dalam upaya membantu para korban bencana dan sekaligus mengajak masyarakat di Makassar untuk mempromosikan potensi dan kearifan lokal daerahnya. Doa kami selalu menyertai untuk seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Palu dan Donggala, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan memberkati kita semua," tutup Niko. (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED