Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Okt 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Jarang Terjadi, Komodo Mati Setelah Makan Kambing

Afif Farhan
detikTravel
Komodo di Pulau Komodo (Rachman Haryanto/detikFoto)
Komodo di Pulau Komodo (Rachman Haryanto/detikFoto)
Komodo - Komodo adalah predator yang berbahaya. Larinya cepat, cakarnya tajam, dan liurnya mematikan. Nyatanya, komodo bisa mati juga setelah menyantap kambing.

Komodo hidup di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT. Lokasinya tak jauh dari Labuan Bajo dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang mendunia.

Wisatawan bisa menemui komodo di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Kedua pulau itu juga dihuni oleh penduduk, yang mana mereka sudah terbiasa hidup dengan komodo.

BACA JUGA: Banyak Dikunjungi Tokoh Terkenal, Mau Diapakan Lagi Labuan Bajo?

Ada banyak cerita menarik tentang komodo yang bisa wisatawan tahu di sana. Bagaimana cara komodo berburu, penciumannya yang tajam sanggup mencium darah dari jarak 7 km dan masih banyak lagi. Yang terbaru, ada cerita yang tak biasa dari Pulau Komodo. Ada Komodo mati setelah menyantap kambing.

"Matinya itu hari Sabtu setelah menyantap kambing ternak. Awalnya ditemukan di samping SDN Pulau Komodo," kata Ardiansyah, warga asli Pulau Komodo kepada detikTravel, Selasa (9/10/2018).

Ardiansyah menjelaskan, komodo sepanjang 2,8 meter itu mati setelah tanduk kambing menusuk leher komodo. Tusukannya sampai merobek dan menembus leher komodo.

"Ketusuk tanduk sampai tembus. Kemarin, sudah kami kuburkan komodonya," ujar pria yang akrab di sapa Ian.

Tanduk yang menembus leher komodonya (dok Istimewa)Tanduk yang menembus leher komodonya (dok Istimewa)


Ian menjelaskan, hal seperti itu (komodo mati setelah memangsa buruannya) sebenarnya jarang terjadi. Sebab menurutnya, komodo pasti memakan bagian yang lebih lunak dari mangsanya terlebih dulu.

"Kejadian seperti ini sebenarnya jarang terjadi, karena komodo itu kalau memangsa dari bagian-bagian lunak mangsanya. Kadang juga disisakan mangsanya, tidak sampai habis semua," terang Ian yang juga sebagai seorang pemandu wisata.

"Kalau kata orang-orang sih, mungkin kondisi komodonya terlalu lapar jadi makannya agresif dan jadinya malah ketusuk tanduk kambing," tambahnya.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED