Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Okt 2018 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Beli 'Paspor' Swiss? Harganya Rp 349 Ribu

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi paspor Swiss palsu karya Tom Sachs (Tom Sachs Studio 2018)
Zurich - Paspor merah Swiss merupakan salah satu yang terkuat di dunia. Namun, ternyata kamu bisa membeli 'paspor' tersebut seharga Rp 349 ribu. Ini penjelasannya.

Menurut situs Passport Index, paspor Swiss berada di urutan ketiga terkuat di dunia. Pemegangnya pun bisa bebas masuk ke 163 negara di dunia. Tak sedikit traveler yang ingin memilikinya.

Kekuatan paspor merah Swiss tersebut juga menginspirasi seorang seniman asal Amerika Serikat bernama Tom Sachs. Dilansir detikTravel dari CNN, Rabu (10/10/2018), Tom pun berkeinginan agar paspor tersebut dapat dimiliki oleh semua orang.

Caranya, Tom membuat sebuah instalasi seni bernama 'Swiss Passport Office' di London, Jumat lalu (5/10). Di sana, Tom menawarkan jasa pembuatan 'paspor' Swiss senilai 20 Euro atau Rp 349 ribu.

Pameran Swiss Passport Office (Reuters/Toby Melville) Pameran Swiss Passport Office (Reuters/Toby Melville)
Tentunya ini bukan paspor Swiss sungguhan, melainkan sebuah kreativitas dalam bentuk serupa. Sebelumnya, traveler juga harus menjawab sejumlah pertanyaan terkait edukasi, pendapatan serta menjalani sesi foto.

"Saya memilih paspor Swiss karena citranya yang sangat prestisius dan sulit untuk didapatkan. Saya membuatnya tersedia untuk semua orang. Lewat cara itu, Anda juga melepas campur tangan Pemerintah dan status di baliknya," ujar Tom.

Sayangnya, pemesanan 'Paspor' Swiss tersebut hanya terbuka selama 1 hari pameran saja. Namun, pameran itu tetap bisa dilihat hingga 10 November 2018 mendatang.


(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA