Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Okt 2018 17:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Chip di Badan Komodo

Afif Farhan
detikTravel
Komodo (Afif/detikTravel)
Komodo (Afif/detikTravel)
Komodo - Tahukah kamu kalau komodo diberi chip? Nantinya, chip itu akan mendapatkan banyak data segala hal tentang komodo.

Hal itu dijelaskan oleh Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan kepada detikTravel, Rabu (10/10/2018). Budhy menjelaskan, chip itu disebut PIT Tag. Chipnya kecil, ukurannya sebesar isi pensil dan panjangnya sekitar 5 millimeter.

"Jadi memang salah satu metode monitoring populasi komodo menggunakan chip. Ada yang kita pasangi chip dari berbagai tingkatan umurnya, dari remaja sampai dewasa," ujar Budhy.

Di mana chip tersebut dipasang?

"Ditanam di pangkal paha komodo dengan cara disuntik. Itu kecil sekali, tidak akan kelihatan," terang Budhy.

ChipAlat suntik dan jarumnya, PIT Tag ada di dalam jarum (masih dalam kemasan) (dok Isitmewa)Alat suntik dan jarumnya, PIT Tag ada di dalam jarum (masih dalam kemasan) (dok Isitmewa)


"Dari chipnya didapat data pertama nomor register, jadi masing-masing komodo yang sudah pakai chip ada kodenya. Lalu, bisa diketahui daya jelajahnya, umurnya termasuk dia bereproduksi atau tidak. Kalau bereproduksi berarti itu komodo betina," tambah Budhy.

Komodo di Pulau Komodo (Afif Farhan/detikTravel)Komodo di Pulau Komodo (Afif Farhan/detikTravel)


Budhy menjelaskan, hampir ratusan komodo diberi chip tersebut dan tersebar di 5 pulau. Pulau-pulaunya yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang, Nusa Konde dan di Pulau Padar bagian utara.

"Masa monitoringnya 3 bulan, nanti terus diupdate datanya. Untuk pemakaian chip ini sendiri, sudah berlangsung 8 tahun," kata Budhy.

Komodo merupakan hewan purba yang hanya ada di Indonesia, tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, NTT. Komodo sudah jadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri, serta beberapa tokoh-tokoh dunia seperti pebalap Moto GP Valentino Rossi hingga pesepakbola terkenal Arjen Robben. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Sebuah Ngambek yang Indah

Minggu, 09 Des 2018 22:55 WIB

Keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya untuk diceritakan. Salah satunya yang mungkin jarang terdengar dan namanya pun unik, air terjun Ngambek.