Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Okt 2018 15:55 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungan ke China, Menteri Pariwisata: Indonesia Aman Dikunjungi

Afif Farhan
detikTravel
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat kunjungan ke China (Instagram/menpar.ariefyahya)
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat kunjungan ke China (Instagram/menpar.ariefyahya)
Jakarta - Beberapa waktu ini, Indonesia dilanda bencana alam dari gempa dan tsunami. Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, Indonesia tetap aman dikunjungi turis.

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke China. Tepatnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya bertemu Dubes RI untuk China, Djauhari Oratmangun di Zhengzhou, Provinsi Henan. Mereka pun mengundang sekitar 300-400 travel agent yang menjual paket ke Indonesia seperti ke Bali dan Manado.

"Kami mengadakan Business Gethering. Intinya mereka khawatir, apakah Indonesia aman dari bencana? Apakah Bali aman dari gempa?," kata Arief kepada detikTravel, Selasa (16/10/2018).

"Saya jelaskan bahwa Indonesia itu luas, terbentang dari Sabang sampai Merauke, bahkan terbagi dalam 3 waktu, yang masing-masing terpaut 1 jam. Kejadian di Lombok Sumbawa, dan Palu Donggala, itu lokasinya jauh dari Bali dan Manado. Begitupun gempa di Situbondo, itu beda provinsi dengan Bali maupun Manado. Karena itu, silakan datang berwisata mengeksplore Wonderful Indonesia, Insya Allah aman," tambah Arief menjelaskan.

BACA JUGA: Lombok Barat Percepat Pemulihan Pariwisata

Arief menegaskan, Kementerian Pariwisata pun memiliki Tim Crisis Center. Sudah menggunakan standar yang digunakan UNWTO, Tim Crisis Center bakal melakukan penanggulangan yang cepat jika ada bencana di suatu destinasi.

"Seperti menghentikan promosi di semua channel, lalu menyampaikan ke publik dengan apa adanya peristiwa bencana itu. Lalu melakukan penanganan terutama pada 3A yakni Akses, Amenitas, Atraksi," terang Arief.

Arief berharap, turis dari mancanegara tidak takut untuk datang ke Indonesia. Sejatinya, Indonesia punya beragam destinasi wisata dari alam, budaya hingga kuliner di berbagai daerah.

"Alhamdulillah, media maupun para pelaku industri pariwisata di sana cukup memahami penjelasan kita," tutup Arief.




Tonton juga 'Video Pariwisata Indonesia Diakui Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED