Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Okt 2018 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Oktober, Waktu Terbaik Melihat Lomba Karapan Sapi di Madura

Robi Setiawan
detikTravel
Foto: Rachman Haryanto
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bagi para traveler, 19-21 Oktober menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Madura. Karena, saat itu Kemilau Madura 2018 sedang digelar yang mana acara tersebut adalah saat yang tepat untuk menyaksikan salah satu atraksi terbaik di Indonesia, karapan sapi.

"Inilah waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Madura. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam serta eksotisnya beragam atraksi budaya di sana. Tidak perlu repot-repot, karena semua terangkum dalam Kemilau Madura 2018," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/10/2018).



Untuk diketahui, awalnya, Kemilau Madura adalah bagian dari perayaan HUT Kabupaten Pamekasan. Namun, event ini berkembang. Kemilau Madura menjelma menjadi pesta seluruh masyarakat di Pulau Madura, Jawa Timur.

Karena pesonanya, Kemilau Madura juga berhasil masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata 2018. Tahun ini, Kemilau Madura akan diselenggarakan di dua tempat, yaitu Pamekasan dan Sumenep.

Salah satu atraksi yang akan tersaji dalam Kemilau Madura 2018 adalah Lomba Karapan Sapi. Atraksi ini adalah atraksi yang sangat melegenda.

"Karapan sapi menjadi salah satu atraksi terbaik di Indonesia. Atraksi yang sangat populer. Banyak wisatawan menantikan momen ini. Mulai dari wisatawan nusantara hingga mancanegara," kata Arief.



Karapan Sapi adalah acara khas masyarakat Madura. Lomba ini melibatkan seorang joki dan 2 ekor sapi. Posisi joki adalah berdiri sambil menarik semacam kereta kayu.

Joki di sini bertugas mengendalikan gerak lari sapi, berpacu menjadi yang tercepat di lintasan sepanjang sekitar 100 meter.

"Sayang sekali jika melewatkan kegiatan ini. Karena, karapan sapi tidak bisa dijumpai setiap saat. Dan Oktober akan menjadi puncak dari rangkaian lomba karapan sapi. Jadi, jangan sampai keseruan ini terlewatkan," katanya.

Senada dengan Arief, Ketua Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan Kemilau Madura akan menjadi event terbaik di Pulau Madura.

"Inilah event terbaik di Madura. Pelaksanaannya sudah melalui tahap kurasi yang ketat. Jadi tidak perlu diragukan lagi keseruan dari event ini," kata Esthy.

Selain karapan sapi, menurutnya Kemilau Madura 2018 juga menawarkan banyak keseruan. "Tidak hanya karapan sapi yang bisa dinikmati. Ada berbagai sub event yang akan disajikan. Ada Lomba Sapi Sonok, Karnaval Daul, dan Batik on Street," jelasnya.

Selain itu, ada juga pesta seni. Pesta ini akan melibatkan empat kabupaten di Pulau Madura, yaitu Pamekasan, Sumenep, Sampang, dan Bangkalan. (mul/mpr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA