Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Okt 2018 15:55 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Kawasan di Kalimalang yang Akan Pertama Kali Direvitalisasi

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Suasana diskusi revitalisasi Kalimalang (Randy/detikTravel)
Suasana diskusi revitalisasi Kalimalang (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Masa Depan Kali Malang
Bekasi - Rencana revitalisasi Kalimalang sejatinya akan dilakukan memanjang dari Bekasi Timur hingga Barat. Namun, kawasan ini akan dibangun lebih dulu untuk tahap I.

Seperti diketahui sebelumnya, proses revitalisasi Kalimalang akan bertempat dari pintu exit Tol Bekasi Timur di dekat Unisma Bekasi hingga samping Giant dan perbatasan Jakarta.

Hanya saja, proses revitalisasi itu akan terbagi dalam beberapa tahap. Di mana pengerjaan tahap I akan dilakukan di samping pusat perbelanjaan Giant di Bekasi Barat.

Hal itu pun diungkapkan oleh Sibarani Sofian, founder Urban+, studio desain yang ditunjuk sebagai konsultan dan Tim Kerja Bersama Walikota dan Gubernur dalam diskusi Penataan Kalimalang dan Pembangunan Wisata Situ Rawa Gede di Ruang Krakatau, Hotel Horizon Bekasi, Senin (22/10/2018).

"Itu menurut pengamatan pak gubernur, lahan yang impactnya lebih optimal adalah yang di Giant tapi subjek kepada ketersediaan dan juga izin. seandainya semua lancar itu yang paling ready," ujar Sibarani.


Ini Kawasan di Kalimalang yang Akan Pertama Kali DirevitalisasiSibarani Sofian, arsitek sekaligus konsultan yang ditunjuk Pemprov Jabar (Randy/detikTravel)

Menurut Sibarani, sisi Kalimalang yang berlokasi di samping Giant bisa disebut sebagai pintu masuk Bekasi. Traveler yang ingin menuju Bekasi Timur atau Kota Bekasi dari arah Gerbang Tol Bekasi Barat, sudah pasti akan melewatinya.

"Di sisi yang lain daerahnya lebih sempit tidak terlalu terlihat ya, kurang visible. Kalau ini kan bener-bener di ruang penerima dari Bekasi. Titik masuknya ya ini," jelas Sibarani.

Oleh Gubernur Ridwan Kamil, Sibarani dan timnya ditugaskan untuk merapikan sisi Kalimalang dari Bekasi Timur menuju samping Giant. Sedangkan dari sisi depan Hotel Horizon akan hingga perbatasan Jakarta akan dilakukan oleh tim Pemkot Bekasi.


"Jadi ada tim bersama. Pak wali sudah punya tim dan DED-nya untuk sisi Kalimalang Giant sebelah Barat. Nah kami dari Giant ke sebelah Timur tapi titik bertemunya di Giant nih. kami bikin tim pokja unutk keterpaduannya gimana nih. Karena ada elemen dari wali kota yang akan kita include di tim pemprov, jadi sama-sama saja," pungkas Sibarani.

Dalam prosesnya, Sibarani dan tim akan menyelesaikan desain dengan tenggat akhir tahun ini. Sedangkan untuk proses groundbreaking atau pengerjaan rencananya akan dilakukan awal tahun 2019.

"2019 itu target kami untuk perizinan dan sebagainya untuk memulai proses pengajuan ya. Desain akan diselesaikan akhir tahun ini dan untuk disosialisasikan juga mungkin perizinan sambil berjalan, tapi arahannya kalau bisa di Januari itu sudah ada groundbreaking," tutup Sibarani. (rdy/aff)

FOKUS BERITA

Masa Depan Kali Malang
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED