Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Nov 2018 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Satu Pulau di Jepang Menghilang Misterius!

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pencarian Pulau Esanbehanakitakojima, Jepang (Issei Kato/REUTERS/CNN Travel)
Pencarian Pulau Esanbehanakitakojima, Jepang (Issei Kato/REUTERS/CNN Travel)
Sapporo - Negeri Sakura, Jepang kehilangan satu pulaunya secara misterius. Sampai kini pihak berwenang masih mencarinya.

Melansir CNN Travel, Selasa (6/11/2018), nama pulau itu adalah Esanbehanakitakojima. Japan Coast Guard langsung merencanakan misi pencarian pulau tak berpenghuni di lepas pantai utara negara itu.

Pulau Esanbehanakitakojima memang kecil, namun sebelum kejadian menghilang masih dapat ditemukan sekitar 500 meter dari sebuah desa bernama Sarufutsu di ujung utara pulau Hokkaido.

Ketiadaannya diperhatikan oleh penulis Hiroshi Shimizu. Ia pernah menerbitkan buku bergambar di pulau-pulau tersembunyi itu dan tentunya telah mengeksplor daerah itu untuk mencari inspirasi.

Bingung, Shimizu bertanya pada nelayan setempat apa yang terjadi. Seorang lansia setempat menegaskan bahwa dulu ada pulau di kawasan itu, dilansir Asahi Shimbun, namun sekarang tak bisa lagi dilihat dari daratan utama atau dari perahu.


Keberadaan Pulau Esanbehanakitakojima juga ditegaskan oleh nelayan lain. Pulau ini sebagai daratan kecil pada sistem navigasinya.

Pihak berwenang prihatin tentang hilangnya pulau kecil karena menandai wilayah perairan Jepang di bagian utara, sebuah wilayah yang juga diklaim oleh Rusia. Dikenal Rusia sebagai Kuril, pulau-pulau itu diambil alih oleh pasukan Soviet tak lama setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Pada tahun 2014, pemerintah Jepang secara resmi menamai 158 pulau tak berpenghuni itu sebagai batas perairannya.

Menurut hukum internasional, sebuah negara hanya dapat mengklaim perairan di sekitar pulau yang terlihat di atas permukaan laut pada saat air pasang. Sebuah survei tahun 1987 menunjukkan bahwa Pulau Esanbehanakitakojima menjorok 1,4 meter di atas permukaan laut, dan peta laut 1988 dari Otoritas Informasi Geospasial Jepang menggambarkannya sebagai pulau kecil.

"Ada kemungkinan pulau itu terkikis oleh angin dan salju lalu menghilang," kata Tomoo Fujii, seorang penjaga pantai yang sudah senior kepada Asahi Shimbun.

Jika Esanbehanakitakojima tenggelam di bawah ombak, Jepang akan kehilangan 500 meter laut teritorialnya. Jepang juga memiliki sengketa wilayah yang telah lama berjalan dengan China atas Pulau Senkaku atau nama lainya Diaoyu di Laut China Timur. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED