Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Nov 2018 22:55 WIB

TRAVEL NEWS

Serangkaian Pelatihan Agar Tetap Oke Jadi Pilot

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Pesawat Singapore Airlines (Masaul/detikTravel)
Foto: Pesawat Singapore Airlines (Masaul/detikTravel)
Singapura - Pilot harus selalu dalam keadaan prima ketika menerbangkan pesawat. Meski sudah jadi pilot masih harus rutin mengikuti pelatihan tambahan.

detikTravel bersama rombongan media dari berbagai negara menyambangi Singapore Airlines Training Centre di Singapura, dari tanggal 15-16 November 2018 lalu. Kapten S L Leong, VP Pilot A330/350 Flight Operations Division Singapore Airlines memeberitahu aturan yang ada di perusahaannya itu.

Kata Leong, seorang pilot hanya memiliki satu sertifikat dari sebuah jenis pesawat, entah itu dari Airbus maupun Boeing. Bagi pilot setiap 6 bulan dicek kembali apakah masih memenuhi kualitas.

"Kita harus memiliki sertifikat masing-masing jenis pesawat. Setiap 6 bulan kita juga harus dicek kembali apakah masih memenuhi kualifikasi atau tidak," jelas Leong.

"Instruktur memeriksa apakah sisi keselamatanmu aman atau tidak. setiap 6 bulan sekali kita juga punya tambahan pelatihan untuk awak kabin," imbuh dia.

BACA JUGA: Apa Saja Latihan Pramugari Singapore Airlines?

Tak hanya pelatihan setiap setengah tahun sekali, pilot juga punya pelatihan setahun sekali. Inilah pelatihan di mana pilot diuji dalam kemampuannya mengendalikan pesawat.

"Lalu setiap satu tahun sekali kita dicek kembali bagaimana kemampuan kita sebagai pilot, kita akan terbang ke Jakarta atau Hong Kong. Lalu dinilai apakah sudah mengikuti tiap aturan, kita terbang secara aman, mengikuti arahan ATC, seperti itu dan lain-lain," kata dia.

Dulu, 2 tahun lalu, Leong menerbangkan pesawat dari Boeing. Jika ingin menerbangkannya lagi maka harus disertifikasi lagi.

"Saya punya sertifikat Airbus dan untuk Boeing tidak bisa menerbangkannya sekarang. Kita tidak bisa menerbangkan 2 jenis pesawat sekaligus," jelas Leong.

"Jadi, jika sekarang harus menerbangkan Boeing harus melalui pelatihan lagi," pungkas dia.

Masih banyak pengalaman detikTravel mengunjungi SIA Training Centre. Tunggu di artikel selanjutnya ya.



Tonton video 'Pilot Wanita China, Mendobrak Diskriminasi Gender di Udara':

[Gambas:Video 20detik]

Serangkaian Pelatihan Agar Tetap Oke Jadi Pilot
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA