Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Nov 2018 07:25 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Saja Latihan Pramugari Singapore Airlines?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Singapore Airlines Training Centre (Masaul/detikTravel)
Foto: Singapore Airlines Training Centre (Masaul/detikTravel)
Singapura - Para pramugari Singapore Ailrines melalui serangkaian pelatihan hingga siap terbang. Mereka pun harus tampil prima setiap saat. Begini cara latihan mereka.

detikTravel bersama rombongan media dari berbagai negara menyambangi Singapore Airlines Training Centre di Singapura, dari tanggal 15-16 November 2018 lalu.

Di dalam gedung Singapore Airlines Training Centre, kami dipandu oleh Assistant Manager Cabin Crew Learning & Development Cabin Crew Division Training Foo Juat Fang.

Salah satu contoh pelatihan ke pramugari adalah saat membawa troli makanan bukanlah dengan didorong, tapi ditarik. Hal ini agar bisa memberitahu penumpang akan kedatangannya.

Apa Saja Latihan Pramugari Singapore Airlines?Foto: Assistant Manager Cabin Crew Learning & Development Cabin Crew Division Training Foo Juat Fang (Masaul/detikTravel)

Pelayanan tersebut berlaku di kelas ekonomi, maupun ekonomi premium. Pelayanan berbeda akan dirasakan traveler saat menaiki kelas bisnis hingga first class.

Ada beberapa kelas yang tak diperlihatkan Foo Juat Fang kepada awak media. Kelas pelatihan itu meliputi tata rias atau make up, simulasi pilot, hingga keselamatan.

Kami hanya ditunjukkan ruang mock up atau simulasi pelatihan kelas ekonomi, bisnis, dan suite. Saat kami berkunjung Singapore Airlines Training Centre memang tampak sepi, padahal di hari kerja.

Apa Saja Latihan Pramugari Singapore Airlines?Foto: Masaul/detikTravel


Seusai ruang mock up, kami diarahkan ke ruang pelatihan keselamatan darurat atau emergency drill. Di situ, kami tak boleh menjajal seluncuran dari pintu darurat di potongan pesawat yang ditaruh di atas seperti aslinya.

Hanya diperbolehkan memfoto, selanjutnya kami diarahkan ke ruang emergency drill yang memiliki kolam renang. Nah di sana baru ada satu kelompok pramugari yang sedang latihan dan sayangnya mereka tidak boleh dipotret.

Bisa digambarkan bahwa ruangan ini ada sepotong pesawat yang pintunya menjorok ke kolam. Para pramugari Singapore Airlines yang sudah terjun ke air berseragam lengkap.

Mereka dipandu untuk menaiki kapal karet. Inilah simulasi bagi awak kabin saat pesawat mendarat darurat di air yang harus membantu penumpang lalu mereka naik ke kapal setelahnya.

Masih banyak pengalaman detikTravel mengunjungi SIA Training Centre. Tunggu di artikel selanjutnya ya.


Simak Juga 'Cantiknya Para Pramugari Berhijab Ini':

[Gambas:Video 20detik]


(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA