Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Des 2018 18:55 WIB

TRAVEL NEWS

Uji Adrenalin Beri Makan Singa Afrika di Taman Safari Bogor, Mau?

Raras Prawitaningrum
detikTravel
Pengunjung Taman Safari Bogor memberi makan singa Afrika (dok Taman Safari Indonesia)
Pengunjung Taman Safari Bogor memberi makan singa Afrika (dok Taman Safari Indonesia)
Jakarta - Kebanyakan orang berlibur ke Taman Safari Indonesia Bogor antara lain untuk melihat aneka ragam satwa. Tak terkecuali satwa buas seperti singa. Pasalnya, pengunjung bisa melihat singa Afrika di Taman Safari Bogor.

Namun kini pengunjung tak hanya bisa melihat singa Afrika dari mobil saja, tapi juga bisa ikut memberi makan. Pada awal November 2018 lalu, Taman Safari Bogor punya program baru bernama Feline Feeding Adventure.


Program ini menawarkan pengalaman seru memberi makan belasan ekor singa Afrika dari jarak dekat, yakni dari dalam kendaraan khusus.

"Untuk ikut program ini maksimal 6 orang dalam 1 trip. Syarat dan ketentuannya dilarang menggunakan flash suntuk berfoto dan harus mengikuti arahan keeper atau pendamping. Untuk siapa yang bisa ikut program ini bebas siapa saja. Selama pengunjung tersebut siap dan berani karena sebelum trip akan ada informasi di loket dan pengisian form disclaimer," ujar Marcom Supervisor Taman Safari Bogor, Abi Febrian, kepada detikTravel, Selasa (4/12/2018).


Untuk mengikuti kegiatan yang termasuk program Specal Experience Taman Safari Bogor ini, pengunjung harus merogoh kocek Rp 250 ribu per orang di luar tiket masuk Taman Safari Bogor. Anak dengan tinggi lebih dari 90 cm diwajibkan membeli tiket.

"Trip ini start-nya dari Plaza Gajah. Jadi selesai keliling Safari Journey, pengunjung akan menggunakan kendaraan khusus langsung ke kawasan singa Afrika. Durasinya kurang lebih 30 hingga 40 menit," jelasnya.

Soal keamanan, pihak Taman Safari Bogor memastikan pengunjung akan selalu dalam keadaan aman selama kegiatan.

"Proses pemberian makan akan didampingi oleh keeper Taman Safari Bogor dan pengunjung akan diberikan arahan dalam proses memberikan makan singa dengan aman. Kendaraannya juga didesain khusus dan telah diuji coba. Keeper, driver, dan pengawalan juga sudah mengikuti pelatihan dan menerapkan SOP yang sudah ditetapkan," papar Abi.

Uji Adrenalin Beri Makan Singa Afrika di Taman Safari Bogor, Mau?Foto: (dok Taman Safari Indonesia)
Dalam satu kali trip, pengunjung akan didampingi dua orang keeper dan satu driver. Selain untuk mengarahkan pengunjung, keeper juga bertugas memastikan keselamatan pengunjung.

Adapun makanan yang diberikan adalah daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil dengan bantuan tusukan sehingga pengunjung tak mengalami kontak langsung dengan singa Afrika.

Abi menjelaskan program ini juga telah didesain berdasarkan pola dan nilai asupan gizi pakan singa. Makanan yang diberikan oleh pengunjung adalah bagian dari jumlah makanan yang memang sudah dipersiapkan untuk singa tersebut.

Seekor singa, lanjut Abi, mampu makan sebanyak 23 kg daging sekali makan. Namun di Taman Safari Bogor, seekor singa diberi makan daging sebanyak 5 kg per harinya.

"Keeper singa telah mengatur pemberian makan ini sehingga singa tetap mendapatkan makanan yang sesuai dan tidak mengalami kekurangan atau kelebihan makanan," katanya.


Melalui program pertama dan satu-satunya di Indonesia ini, Taman Safari Bogor bertujuan memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pengunjung untuk berinteraksi sedekat mungkin dengan satwa buas.

"Tentunya keeper juga memberikan informasi-informasi yang edukatif tentang singa Afrika. Misalnya mengenai bagaimana ciri khas singa jantan dan betina, bagaimana mencari makan dan merawat anak-anaknya," pungkasnya.

Program Feline Feeding Adventure tersedia tiap hari di Taman Safari Bogor. Adapun jadwal trip-nya antara lain dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB dengan keberangkatan per jam tiap harinya. Tertarik mencoba? (ega/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED