Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Des 2018 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sikapi Tiket Masuk Komodo USD 500, Menpar: Kenaikan Mendadak Tidak Baik

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi Komodo (My Trip My Adventure)
Ilustrasi Komodo (My Trip My Adventure)
Jakarta - Gubernur NTT Viktor Laiskodat ingin menaikkan harga USD 500 untuk tiket wisman ke Pulau Komodo. Menpar Arief Yahya menilai, kenaikan yang mendadak itu tak baik.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat berencana menaikkan harga tiket masuk ke TN Komodo sebesar USD 500 (Rp 7,2 juta) untuk wisman dan USD 100 (Rp 1,4 juta) untuk wisnus. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut kenaikan tersebut harus memperhatikan faktor elastisitas harga.

"Kenaikan itu harus memperhatikan elastisitas harga. Kalau dari pricing itu ada istilahnya elastisity. Jadi kalau tarif dinaikkan sekian persen maka penjualan akan turun sekian persen dan sebaliknya," ungkap Menpar Arief Yahya kepada detikTravel di Shangrila Hotel, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

BACA JUGA: Isu Tiket Masuk Komodo USD 500 Buat Turis, Ini Kata Menpar

Arief mengungkapkan kenaikan atau penurunan tarif harus dihitung secara cermat, hingga tercapai angka optimum. Kenaikan harga yang mendadak bisa mengakibatkan elastisitas harga bisa turun sampai nol.

"Tarif atau harga diturunkan, maka penjualan akan naik. Itu harus kita hitung pada angka optimum. Tapi idenya jarang sekali ada kenaikan yang mendadak. Kalau kenaikannya mendadak itu tidak bagus. Itu kena elastisitas, bahkan bisa nol," sambung Arief.

Menpar Arief juga menyoroti soal kepastian harga. Jika wacana ini dibiarkan mengambang, para travel agent tentu tidak berani jualan paket wisata ke Komodo. Untuk itu perlu kepastian kepada para wisatawan.

"Yang kedua, harus ada kepastian. Kalau ini dibiarkan mengambang info ini. Para travel agent dan travel operator tidak berani. Dia khawatir sudah terlanjur menjual, nanti angkanya yang 10 Dollar apa yang 500 Dollar. Nah oleh karenanya mohon bantuan rekan-rekan media. Haknya ada di LHK. Jadi LHK yang akan berikan konfirmasi," tutup Arief.




Tonton juga 'Wacana Tiket TN Komodo Naik, Kadispar NTT: Harga Saat Ini Rendah':

[Gambas:Video 20detik]




Sikapi Tiket Masuk Komodo USD 500, Menpar: Kenaikan Mendadak Tidak Baik
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED