Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Des 2018 15:30 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan Tahun Baru di Jatim Yuk, Lihat Wombat hingga Kanguru

Akfa Nasrulhak
detikTravel
Pengunjung Taman Safari Prigen memberi makan kanguru /Foto: Dok Taman Safari Indonesia
Pengunjung Taman Safari Prigen memberi makan kanguru /Foto: Dok Taman Safari Indonesia
Jakarta - Aneka satwa Australia seperti kanguru dan walabi memang menggemaskan. Namun sayangnya, pencinta satwa agak susah untuk bertemu mereka di Indonesia.

Nah kalau akhir tahun ini punya rencana liburan ke Jawa Timur, coba berkunjung ke Taman Safari Indonesia Prigen. Ada zona baru yang dinamakan Zona Australiana. Jadi nggak perlu jauh-jauh terbang ke Australia untuk melihat aneka satwa tersebut.

Manager Edukasi Taman Safari Prigen, Eko Windarto, mengatakan zona ini melengkapi exhibit satwa yang sudah ada sebelumnya untuk kegiatan Safari Journey, seperti Zona Afrika, Zona Asia, dan Zona Amerika.


"Jadi Australiana ini adalah zona baru yang Taman Safari Prigen di mana satwa-satwanya mewakili satwa Benua Australia. Untuk satwanya sendiri seperti ada red neck wallaby, wombat, grey kanguru, emu bird, dan tahun depan akan ada koala," ujar Eko kepada detikTravel.

Eko mengungkapkan semua satwa tersebut didatangkan langsung dari Australia.

 Di Zona Australiana, pengunjung juga bisa memberi makan kelinci New Zealand Di Zona Australiana, pengunjung juga bisa memberi makan kelinci New Zealand Foto: Dok Taman Safari Indonesia

"Kita ada MoU dengan Australia Zoo untuk breeding loan beberapa satwa Australia dengan persyaratan seperti menyiapkan karantina dan eucalyptus (pohon khas Australia) yang cukup. Satwa pertama yang datang ada wombat 2 ekor, red necked wallaby 3 ekor disusul kedatangan berikutnya tanggal 5 Desember ini 4 ekor, dan grey kanguru 4 ekor. Sisanya seperti wallaby agille dan wallaby brunii kami sudah punya sebelumnya," jelas Eko.

Adapun satwa khas Australia yang paling digemari pengunjung antara lain domba merino, kelinci New Zealand, dan kanguru. Menariknya, pengunjung bisa berinteraksi dengan sebagian kanguru yang sudah dilatih dan jinak.

Pengunjung juga bisa memberi makan kanguru atau kelinci New Zealand dengan membeli pakan seperti kacang, wortel, dan pelet kanguru seharga Rp 20 ribu. Tak perlu khawatir, akan ada keeper yang menjaga keamanan pengunjung maupun satwa.


Dengan luas wilayah sekitar 3 hektare, kawasan ini berada dekat dengan Safari Water World dan Hotel Baobab Safari Resort. Di belakang zona Australiana, pengunjung bisa langsung melihat pemandangan alam Gunung Arjuna yang indah. Bagi traveler yang gemar selfie, zona Australiana juga menyediakan beberapa spot instagramable. Salah satunya adalah booth berbentuk kanguru.

Liburan Tahun Baru di Jatim Yuk, Lihat Wombat hingga KangguruDomba Merino / Foto: Dok Taman Safari Indonesia

Khusus weekend, akan ada shuttle bus yang dapat mengantar pengunjung ke Zona Australiana. Namun untuk weekdays, pengunjung bisa mengendarai kendaraan pribadi kemudian parkir di zona parkir H atau berjalan kaki melewati jembatan. (ega/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA