Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Des 2018 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Antrenya Wisata Keliling Semarang Gratis di Akhir Tahun

Bus tingkat wisata Kota Semarang (Angling Adhitya Purbaya/detikTravel)
Bus tingkat wisata Kota Semarang (Angling Adhitya Purbaya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Semarang - Bus tingkat wisata Si Denok dan Kenang ternyata laris manis bahkan full booked hingga Januari 2019. Bus ini bisa beroperasi mengelilingi Kota Semarang.

Tapi ada tips buat yang ingin bisa menikmati wisata gratis bareng bus tingkat ini. Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan awalnya bus tingkat dengan kapasitas 70 penumpang itu hanya tersedia 1 unit dengan nama si Kenang.

"Minat warga masyarakat tinggi sehingga makin ke sini pemerintah Kota Semarang menambah 2 unit lagi dari CSR CIMB dan Djarum Foundation," kata Ade di sela menyapa penumpang bus si Kenang yang transit di Kampung Pelangi, Kamis (13/12/2018).

Ternyata animo masyarakat dan wisatawan tinggi hingga ada pihak swasta melalui program CSR menyediakan bus tingkat. Saat ini sudah 2 bus yang beroperasi yaitu Si Kenang dan Denok yang berwarna merah.

Tahun depan 1 bus tingkat berwarna putih juga akan dioperasionalkan. Dengan bertambahnya armada bus tingkat, antrian kelompok atau dari lembaga pendidikan bisa berkurang. Namun tetap saja masih cukup banyak karena sampai Januari 2019 sudah penuh.

Ramainya suasana di dalam bus (Angling Adhitya Purbaya/detikTravel)Ramainya suasana di dalam bus (Angling Adhitya Purbaya/detikTravel)
"Sampai Januari sudah full booking, salah satunya untuk edukasi pendidikan seperti saat ini anak-anak dari PAUD Kasih Ibu Randusari yang sudah antre sejak Oktober. Kita memang buka untuk dunia pendidikan sebagai sosialisasi nyamannya menggunakan transportasi umum," jelas Ade.

"Dengan ada 3 bus diharapkan nantinya antrian tidak sampai berbulan-bulan," tambahnya.

Meski sudah dibooking hingga Januari, wisatawan tidak perlu khawatir karena pengelola memberikan syarat untuk hari Sabtu dan Minggu tidak boleh dipesan. Namun Ade menyarankan agar wisatawan atau masyarakat yang ingin naik bisa datang 1,5 jam sebelum keberangkatan untuk mendapatkan tiket gratis di loket dengan meninggalkan tanda pengenal.

"Sebenarnya kita start dari Museum Mandala Bhakti, tapi karena masih renovasi, saat ini kita di Museum Ronggowarsito. Kalau mau antre datang 1,5 jam sebelumnya karena antrenya juga cukup panjang," terang Ade.

Bus baru (Dok. Dishub Semarang)Bus baru (Dok. Dishub Semarang)
Keberangkatan bus tingkat itu untuk Senin sampai Kamis yaitu pukul 08.00 WIB, 11.00 WIB, dan 15.00 WIB. Hari Jumat 08.00 WIB, 13.00 WIB dan 15.00 WIB. Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 WIB, 11.00 WIB, 15.00 WIB dan tambahan perjalanan malam pada pukul 19.00 WIB.

Rute kelilingnya melintasi sejumlah titik wisata yaitu Tugu Muda dan Lawang Sewu, Kota Lama, Simpang Lima, Kampung Pelangi, Klenteng Sam Poo Kong, dan kembali ke Museum Ronggowarsito. Namun sayangnya untuk saat ini Kota Lama tidak dilewati karena masih direnovasi.

"Ada waktu berhenti dengan durasi 15 menit di Kota Lama tepatnya di taman Srigunting dan di Kampung Pelangi. Titik pertama Kota Lama sekarang masih belum bisa dilintasi karena perbaikan hingga bulan Januari," terang Ade.

Sementara itu, kata Endang Sri, salah satu pengajar PAUD Kasih Ibu mengaku senang dengan fasilitas gratis dari Pemerintah Kota Semarang itu. Para anak didiknya yang kebanyakan dari keluarga sederhana pun jadi bisa berwisata tanpa mengeluarkan biaya.

"Ini sangat bermanfaat, bisa memberikan pengalaman kepada anak-anak dan gratis," ujar Endang. (alg/msl)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED