Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Des 2018 16:28 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan Panjang, Gunung Papandayan jadi Primadona

Hakim Ghani
detikTravel
Gunung Papandayan jadi favorit wisatawan (Hakim Ghani/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Garut - Taman Wisata Alam (TWA) Papandayan, Garut, jadi primadona pada libur Natal dan tahun baru 2019 kali ini. Ribuan wisatawan diperkirakan berkunjung ke sini.

Pengelola TWA Papandayan Tri Kaban mengatakan ada peningkatan signifikan kunjungan wisatawan saat musim libur akhir tahun kali ini.

"Peningkatannya cukup signifikan, ada sekitar seribuan wisatawan yang datang ke sini setiap hari," ujar Tri kepada detikTravel di TWA, Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Garut, Minggu (30/12/2018).

Peningkatan kunjungan wisatawan terjadi sejak tanggal 23 Desember 2018 lalu. Rata-rata wisatawan hendak mencoba wahana kolam renang belerang dan hutan mati di Papandayan.

Tak sedikit juga wisatawan yang melakukan aktivitas pendakian. "Didominasi wisatawan lokal dari Jakarta, Bandung dan provinsi lain," katanya.
Liburan Panjang, Gunung Papandayan jadi Primadona Berenang air panas (Hakim Ghani/detikTravel)


TWA Papandayan sendiri menjadi wisata unggulan di Garut selain Cipanas dan Darajat. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan indah khas pegunungan dengan udara yang sejuk.

"Saya baru pertama kali ke sini, ternyata pemandangannya luar biasa. Udaranya juga sejuk khas dataran tinggi," ujar Hendra (53), salah seorang wisatawan asal Jakarta saat diwawancarai detikcom di tempat yang sama.

Ada hutan mati, kolam renang air belerang hingga hamparan bunga edelweis yang jadi daya pikat.

Pengelola memprediksi wisatawan akan terus memenuhi kawasan ini hingga awal tahun 2019 mendatang.

Selain Papandayan, objek wisata di kawasan perkotaan lain seperti Cipanas dan Darajat juga cukup menyedot wisatawan di musim libur kali ini. Namun jumlah kunjungannya tak sebanyak di Papandayan. (wsw/wsw)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA