Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Des 2018 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Deretan Kasus Penumpang Mabuk di Pesawat Selama 2018

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi pesawat (dok. Cathay Dragon)
Ilustrasi pesawat (dok. Cathay Dragon)
Hong Kong - Baru-baru ini viral penumpang Garuda Indonesia diturunkan dari pesawat karena mabuk. Ternyata sepanjang 2018, ada banyak kasus penumpang pesawat mabuk.

Sempat viral, penumpang Garuda Indonesia yang mabuk dan bersikap kasar di pesawat. Ternyata kasus penumpang mabuk juga banyak terjadi di negara lain. Dirangkum detikTravel, Senin (31/12/2018) berikut berita penumpang mabuk di dunia, termasuk di Indonesia sepanjang 2018.

1. 4 wanita Inggris mabuk, pesawat mesti mendarat darurat

Kejadian ini terjadi di penerbangan Maskapai EasyJet dari Manchester, Inggris ke Paphos di Yunani di akhir Maret lalu. Pesawat terpaksa mendarat darurat di kota lain, Athena karena adanya 4 wanita mabuk yang membuat kekacauan.

4 Wanita tersebut mulai mabuk saat penerbangan lepas landas. Secara bertahap, gerombolan tersebut minum sebotol vodka dan brendi. Saat mulai mabuk, penumpang lainnya mengira mereka akan tertidur. Tapi ternyata, mereka malah mulai berdebat dan saling memaki.

Tak kunjung reda, salah satu dari empat wanita tersebut menghampiri pramugari di belakang pesawat dan mengambil satu botol minuman lagi. Ini membuat keadaan semakin panas.

Awak kabin yang bertugas mencoba untuk menenangkan mereka. Namun reaksi dari gerombolan wanita mabuk semakin kacau. Salah seorang dari mereka mulau menangis dan berteriak. Bahkan teman yang lain mulai bertindak agresif dan kasar. Menurut keterangan penumpang lain, salah seorang wanita mabuk meludahi wajah penumpang lain. Kapten pesawat pun tak tinggal diam. Ia langsung melakukan pendaratan darurat di kota lain, Athena.

2. Penumpang pria dijamah wanita mabuk di pesawat

Kejadian tidak mengenakan ini terjadi di atas pesawat maskapai Delta Air Lines dari Detroit menuju Denver di Amerika Serikat pada 1 April lalu. Seorang traveler pria bernama Donald Deschamps mengaku dilecehkan wanita mabuk di atas pesawat.

Awalnya, suasana penerbangan berlangsung normal seperti biasa. Namun tidak lama setelah pesawat take off, Donald merasa ada sebuah tangan yang merabanya dari bangku belakang. Saat dia melihat ke belakang, ternyata yang meraba dirinya adalah seorang wanita. Donald tidak menyebutkan secara detail bagian tubuhnya yang diraba.

Mendapati kejadian yang menimpanya, Donald pun melaporkan hal tersebut pada salah satu pramugari Delta Air Lines. Hanya saja, pramugari tersebut seakan tidak mempercayai laporan Donald. Pada akhirnya, wanita yang dicurigai mabuk tersebut dibawa keluar pesawat oleh pramugari ketika pesawat mendarat. Saking mabuknya, wanita itu sampai kesulitan menuruni tangga.

3. Penumpang mabuk hampir memukul awak kabin

Peristiwa penumpang mabuk ini terjadi di Maskapai Rusia Aeroflot saat melakukan penerbangan dari Moskow ke Tel Aviv pada Rabu, 8 Agustus 2018. Seorang pria yang tak disebutkan namanya mabuk berat dalam pesawat. Tiba-tiba saja ia marah-marah dan menuding seorang pramugara karena kehilangan ponselnya.

Ia meyalahkan maskapai karena kejadian tersebut. Namun si pramugara tetap mencoba untuk menenangkan pria mabuk yang malah berteriak dan mencoba untuk memukulnya. Tak hanya kasar, pria tersebut juga mengancam pramugara. Seorang penumpang lain mencoba untuk membantu menenangkan pria mabuk tersebuit.

4. Penumpang mabuk yang pamer alat kelamin di pesawat

Kejadian tidak senonoh ini terjadi pada Senin, 15 Oktober 2018 di Maskapai British Airways yang terbang dari New Orleans ke Heathrow, London, Inggris . Seorang pria mabuk memperlihatkan kelaminya kepada penumpang lain. Aduh!

Kejadian ini dialami Furius Vilmenay bersama istri dan 2 anaknya. Pada saat itu, istri dari Vilmenay membawa putri dan putranya kembali ke tempat duduk dari toilet.

Hanya berselang 5 menit, salah seorang penumpang pria datang ke tempat duduk keluarga Vilmenay. Istri Vilmenay kaget, karena laki-laki tersebut sedang menunjukkan alat kelaminnya. Yang lebih parah, pria tersebut melakukan hal tersebut ke depan muka istri Vilmenay. Anak perempuan Vilmenay pun melihat kejadian tersebut.

Pria tersebut bernama Hatam Hamad. Rupanya Hamad mabuk berat setelah minum 5 gelas wine di dalam pesawat. Istri Vilmenay langsung berteriak dan bangun dari kursi. Dengan keras, istri Vilmenay membentak ke arah Hamad.

Masih dalam pengaruh alkohol, Hamad hanya mendengus kesal dan menunjukkan kelaminnya ke penumpang lain. Vilmenay pun naik pitam dan menghampiri Hamad. Hamad menolak untuk menutup alat kelaminnya. Hamad malah menampar Vilmenay dengan punggung tangannya, karena kesal ditegur.

Awak kabin langsung bergerak untuk mengamankan Hamad. Hamad dibawa ke belakang pesawat dan dijaga selama sisa penerbangan. Karena aksinya, Hamad masuk pengadilan dan harus mendapat sanksi. Hamad harus dipenjara selama 6 minggu dengan masa penangguhan satu tahun.

5. Penumpang Garuda Indonesia membuat kericuhan karena mabuk

Baru-baru ini terjadi di penerbangan Garuda Indonesia rute Hong Kong ke Jakarta, tepatnya Kamis, 27 Desember. Seorang wanita mabuk terlibat perselisihan dengan penumpang lain. Dia pun terpaksa diturunkan dari pesawat dan naik ke penerbangan selanjutnya.

Kericuhan ini terjadi saat proses boarding penerbangan GA 863 rute Hong Kong - Jakarta. Penumpang yang duduk di kursi nomor 40 K menimbulkan keributan karena kakinya terinjak oleh anak kecil. Tidak hanya itu, wanita ini juga membuat keributan dengan penumpang lain dan aksinya ini viral di media sosial. Dan aroma alkohol juga tercium dari mulut wanita ini.

Awak kabin pun berusaha melerai dan menenangkan wanita mabuk ini dan penumpang lain. Namun karena tidak kunjung reda, wanita ini pun terpaksa diturunkan dari pesawat. (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA