Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Jan 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Rencana TN Komodo Mau Ditutup, Sudah Bikin Wisatawan Heboh

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Komodo di Taman Nasional Komodo (Agung Pambudhy/detikTravel)
Labuan Bajo - Rencana penutupan Taman Nasional (TN) Komodo di NTT ternyata sudah bikin wisatawan bertanya-tanya. Pelaku wisata pun bingung menjawabnya.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat rencananya akan menutup Taman Nasional Komodo selama 1 tahun. Didasari oleh kondisi habitat komodo di Kabupaten Manggarai Barat, ujung barat Pulau Flores itu sudah semakin berkurang serta kondisi tubuh komodo yang kecil sebagai dampak dari berkurangnya rusa yang menjadi makanan utama komodo.

BACA JUGA: Orang Labuan Bajo: Kalau TN Komodo Ditutup, Kami Mau Makan Apa?

Muhammad Taher, seorang pelaku wisata dari Vidi Liveaboard di Labuan Bajo mengungkapkan, pemberitaan rencana penutupan TN Komodo sudah heboh di Labuan Bajo. Wisatawan sudah bertanya-tanya.

"Saya dengar sudah heboh beritanya. Tamu (wisatawan-red) pun sudah tanya-tanya," kata Taher kepada detikTravel, Selasa (22/1/2019).

Turis di Taman Nasional Komodo (Afif Farhan/detikTravel)Turis di Taman Nasional Komodo (Afif Farhan/detikTravel)
Taher pun menerangkan kepada tamunya, itu masih sebatas wacana. Menurutnya, segala kebijakan regulasi taman nasional adalah kewenangan dari pemerintah pusat.

"Pemerintah harus memikirkan lagi kalau mau menutup Taman Nasional Komodo karena menyangkut hidup banyak orang di Labuan Bajo dan di Pulau Komodo," terang pria asli Pulau Komodo ini.

BACA JUGA: Kalau TN Komodo Ditutup, Pariwisata Indonesia Bisa Mati

Hingga kini, aktivitas wisata di Labuan Bajo menurut Taher masih normal seperti biasa. Dia menjelaskan, tiap tahun kunjungan wisatawan terus meningkat termasuk turis mancanegara.

"Pelaku-pelaku wisata di Labuan Bajo bisa rugi kalau Taman Nasional Komodo ditutup. Masyarakat di sini pun mau makan apa?" pungkasnya. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA