Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Jan 2019 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Intip Cahaya Kota Bandung dari Bukit Moko Yuk!

Robi Setiawan
detikTravel
Foto: Leonard Anthony dTravelers
Jakarta - Sebagai kota yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan, pemandangan Kota Bandung dapat terlihat jelas di beberapa tempat tinggi. Salah satu tempat terbaik untuk melihatnya adalah dari Bukit Moko. Tak hanya saat matahari terang, pemandangan kota pun bisa terlihat kala malam tiba.

Untuk dapat melihat cahaya Kota Bandung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya bagi yang belum pernah pergi ke Bukit Moko. Jangan sampai sudah jauh-jauh pergi ke Bukit Moko malah cahaya kotanya tidak kelihatan.

Yang pertama adalah cuaca. Berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl, tak jarang kawasan Bukit Moko diselimuti kabut tebal. Jika kabut sudah turun, jangankan cahaya kota, suasana sekitar pun bisa tak terlihat jelas.


Oleh sebab itu tak ada salahnya sebelum pergi ke Bukit Moko mengecek terlebih dahulu keadaan cuacanya, apakah di sana akan turun hujan atau berawan.

Traveler pun bisa memastikannya yakni melalui kawasan Caringin Tilu (Cartil). Kawasan ini akan terlewati sebelum sampai Bukit Moko jika menggunakan jalur dari Padasuka. Jika dari Cartil cahaya Kota Bandung sudah tampak jelas, maka kemungkinan besar setibanya di Bukit Moko, gemerlapnya Kota Bandung akan terlihat.

Pemandangan Kota Bandung dari Bukit MokoPemandangan Kota Bandung dari Bukit Moko. Foto: Shutterstock

Namun begitu, jangan sia-siakan pemandangan dari Cartil juga, karena tak kalah bagusnya. Jadi bisa sebagai alternatif ya kalau seandainya cuaca di Bukit Moko sedang tidak mendukung.


Kemudian, sering-sering juga memperhatikan tanda-tanda di langit. Jika tampak bulan dan bintang cukup banyak, maka artinya cuaca cukup cerah. Sebaliknya jika tak tampak bulan dan bintang, bisa jadi cuaca malam itu sedang mendung.

Kalau cuacanya mendukung, traveler bisa menyaksikan pemandangan Kota Bandung yang berbeda dari Bukit Moko saat malam hari. Kerlap-kerlip cahaya kota bisa terlihat jelas dari sini. Pemandangan kotanya pun bisa diabadikan dengan smartphone yang mendukung foto malam hari seperti OPPO R17 Pro.

(prf/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA