Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Jan 2019 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

4.556 Warga Ini Terancam Penghasilannya Jika Komodo Ditutup

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Taman Nasional Komodo NTT (Shutterstock)
Taman Nasional Komodo NTT (Shutterstock)
Jakarta - Gubernur NTT Viktor Laiskodat mewacanakan penutupan Taman Nasional Komodo selama 1 tahun. Jika dilakukan, ribuan orang akan terdampak penghasilannya.

Hal itu diketahui dari rilis resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat (25/1/2019). Pamor TN Komodo yang menanjak memang sangat berarti bagi pertumbuhan ekonomi di sana.

"Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke TN Komodo telah berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang signifikan, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat dan wilayah di sekitarnya," kata Direktur Jenderal KSDAE Kementerian LHK, Wiratno dalam pernyataan tersebut.

Dijelaskan Wiratno, rantai ekonomi tersebut berpengaruh pada penghidupan 4.556 jiwa masyarakat. Warga terdampak tersebar di Desa Komodo (1.725 jiwa), Desa Papagaran (1.252 jiwa), dan Desa Pasir Panjang (1.579 jiwa).


"Khususnya masyarakat dari Desa Komodo yang sebagian besar terlibat dalam kegiatan wisata," imbuh dia.

Tak hanya masyarakat lokal, pihak-pihak yang menyediakan akomodasi pun akan terdampak pula. Juga pemangku wisata lainnya pun demikian.

"Rantai ekonomi berdampak pada penghidupan masyarakat pelaku wisata, antara lain tour operator yang mengoperasikan 157 kapal wisata, keterlibatan 94 guide dari masyarakat lokal, tingkat hunian 1.136 kamar hotel, lahirnya 4 hotel berbintang," jelas Wiratno.


Saksikan juga video 'Dear Pelancong, Taman Nasional Komodo Akan Tutup Setahun':

[Gambas:Video 20detik]


4.556 Warga Ini Terancam Penghasilannya Jika Komodo Ditutup



(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA