Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 31 Jan 2019 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Pesawat 'Hantu' di Bandara Spanyol

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pesawat hantu di Bandara Barajas, Madrid (dok. Aero Icarus)
Pesawat hantu di Bandara Barajas, Madrid (dok. Aero Icarus)
Madrid - Di Bandara Internasional Barajas, Madrid ada sebuah pesawat hantu. Dari 2010 sampai sekarang, pesawat ini dibiarkan begitu saja di tarmac.

Sudah jadi pemandangan umum, ada banyak pesawat parkir di bandara. Tapi di Bandara Internasional Barajas di Madrid, Spanyol ada satu pesawat parkir yang tidak diketahui rimba pemiliknya. Orang-orang menyebutnya sebagai pesawat hantu.

Dilihat detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (31/1/2019), pesawat jet hantu ini diketahui berjenis McDonnell Douglas MD87 yang didaftarkan dengan kode EC-KRV. Rupanya pesawat ini punya sejarah yang cukup panjang.

Menurut harian El Pais, pesawat MD87 ini pertama kali dimiliki oleh maskapai Iberia pada tahun 1990. Kemudian, pesawat ini dijual ke maskapai Pronair pada tahun 2008 untuk digunakan di China.

Tapi sayang, maskapai ini gulung tikar. Jadilah pesawat ini dibeli oleh perusahaan kargo bernama Saicus Air, yang juga mengalami kebangkrutan di tahun 2010.

Sejak 2010, sampai sekarang pesawat MD87 ini pun teronggok begitu saja di tarmac Bandara Barajas, Madrid. Tidak ada yang tahu siapa pemiliknya sekarang.

Pihak Aircraft Registration Security Agency Spanyol pun tengah mencari keberadaan pemilik si pesawat hantu ini. Siapapun pemiliknya, bisa dipastikan harus membayar denda, pajak, dan biaya parkir yang amat mahal.

Jika tidak ada yang mengakui pesawat ini, pihak yang berwenang akan melelang pesawat tanpa tuan tersebut. Harga lelangnnya mulai dari Rp 19,2 Miliar. Semua keuntungan dari lelang ini akan masuk ke kas negara Spanyol. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED