Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Mar 2019 21:25 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Ini Perbolehkan Pramugari Terbang Tanpa Makeup

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi pramugari Virgin Atlantic (Virgin Atlantic)
Foto: Ilustrasi pramugari Virgin Atlantic (Virgin Atlantic)
Jakarta - Pramugari identik dengan orang yang berpenampilan menarik dalam penerbangan, salah satunya dengan berias. Tapi, maskapai ini malah perbolehkan pramugari tampil tanpa riasan.

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019) kebijakan ini dikeluarkan maskapai Virgin Atlantic untuk para kru kabinnya agar bisa mengekspresikan diri sendiri. Selain itu, faktor kenyamanan juga jadi alasannya, karena seorang kru penerbangan bisa berada di atas udara selama belasan jam.

"Kami ingin membuat karyawan mencerminkan seorang individu tersebut sesungguhnya. Tentunya, dengan mempertahankan gaya Virgin Atlantic. Kami telah mendengarkan berbagai sudut pandang sejumlah orang dan mereka mendukung kebijakan kami," ujar Mark Anderson, Executive Vice President Virgin Atlantic.

Mark juga menambahkan, hal ini diharapkan dapat membuat pramugari lebih nyaman. Sehingga, dari kenyamanan tersebut, akan membuahkan kesenangan terhadap diri sendiri dan berpengaruh kepada etos kerja nantinya.

"Ini menjadi opsi untuk mengekspresikan diri sendiri di tempat kerja. Membantu orang menjadi diri sendiri adalah keinginan kami sebagai perusahaan perjalanan yang paling dicintai," tambahnya.

BACA JUGA: Saat Pramugari Latihan Beladiri

Seperti yang diketahui, menjadi kru penerbangan apalagi pramugari umumnya punya standar kecantikan tersendiri. Misalnya dari makeup, riasan rambut sampai aksesoris yang digunakan.

Menurut Travel+Leisure, Virgin Atlantic menjadi maskapai pertama yang menghapus kebijakan riasan untuk pramugari. Menurut The Independent, maskapai asal Inggris British Airways menerapkan standar riasan dengan minimal menggunakan lipstik serta blush on dan pensil alis.

detikTravel juga sempat bermain ke markas maskapai asal Dubai, Emirates. Maskapai tersebut membebaskan makeup yang digunakan pramugari, namun tidak boleh terlalu terlihat mencolok alias menor.

Peraturan riasan terhadap pramugari pun tentu kembali pada kebijakan maskapai. Pastinya, jangan sampai mengganggu gerak-gerik atau tugas lainnya dalam melayani dan menjaga keselamatan penumpang dan penerbangan.

BACA JUGA: Potret Kelas Make Up Pramugari Emirates

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA