Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Mar 2019 17:25 WIB

TRAVEL NEWS

Buka Diri untuk Wisatawan, Tambrauw Siapkan Pin Pariwisata

Bona
detikTravel
Foto: Bona/detikTravel
Foto: Bona/detikTravel
Sorong - Tambrauw membuka diri sebagai pariwisata baru di Papua Baru. Dengan pin pariwisata, konsep yang diberikan adalah ecotourism.

Kabupaten Tambrauw gencar mempromosikan diri sebagai wisata baru di Papua Barat. Sebagai lahan konservasi Tambrauw berkomitmen untuk membangun wisata yang ecotourism dengan adanya pin pariwisata.

Salah satu cara untuk menjaga keasrian alamnya, Tambrauw meluncurkan pin pariwisata sebagai sistem pendanaan lahan konservasi.

Buka Diri untuk Wisatawan, Tambrauw Siapkan Pin PariwisataFoto: Bona/detikTravel


"Pin ini memiliki logo penyu belimbing yang menjadi ciri khas Tambrauw. Pin ini menjadi tiket bagi pada wisatawan yang datang ke Tambrauw," ujar Gabriel Asem, Bupati Tambrauw, saat Peluncuran Tarif Masuk Pemeliharaan Lingkungan Strategis Pariwisata Tambrauw, di Hotel Je Meridien, Kota Sorong, baru-baru ini.

BACA JUGA: Kenalkan, Ini Tambrauw Saingan Raja Ampat

Wisatawan nantinya akan diwajibkan untuk membeli pin sebagai karcis masuk ke tempat-tempat wisata di Tambrauw. Untuk wisatawan domestik diberi harga Rp 200.000 per orang, sedangkan wisatawan asing Rp 400.000 per orang.

"Besok petugasnya sudah ada di Bandara Deo, Sorong. Begitu sampai di sini, wisatawan bisa membeli pin tersebut di dalam bandara," ujar Abraham Mayor, Kepala Dinas Pariwisata Tambrauw.

Buka Diri untuk Wisatawan, Tambrauw Siapkan Pin PariwisataFoto: Bona/detikTravel


Pin pariwisata tersebut menjadi dana kontribusi wisatawan untuk lahan-lahan konservasi. Uang tersebut menjadi anggaran yanh di pakai untuk membangun kapasitas masyarakat.

"Nantinya akan ada guide lokal, jadi kalau mau ke tempat wisata harus tunjukkan pin itu. Pembelian pin sementara baru dibuka di Bandara Deo, Sorong," jelas Abraham.

(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA