Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Mar 2019 12:12 WIB

TRAVEL NEWS

Grafis Detik-detik Akhir Ethiopian Airlines yang Mengkhawatirkan

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Puing Ethiopian Airlines yang jatuh di Addis Ababa (BBC World)
Puing Ethiopian Airlines yang jatuh di Addis Ababa (BBC World)
Jakarta - Semua pihak masih mengusut penyebab jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines jenis Boeing 737 MAX 8 di Addis Ababa. Data grafis yang beredar menunjukkan anomali.

Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET 302 jatuh di dekat Addis Ababa, Ethiopia dan menewaskan 157 orang, Minggu (10/3). Salah satu korban adalah WNI bernama harina Hafitz yang bekerja sebagai staf PBB di Roma.


Investigasi masih dilakukan, namun beredar data-data infografis terbaru dari situs pelacak penerbangan asal Swedia, flightradar24. Dilihat dari situs resmi dan media sosial mereka ada beberapa infografis detik-detik akhir penerbangan Ethiopian Airlines yang dinilai ada anomali.

"Data dari jaringan Flightradar24 ADS-B menunjukan kecepatan vertikal tidak stabil setelah lepas landas," kata Flightradar24.

Ada beberapa grafis yang dirilis Flightradar24. Salah satunya menunjukkan vertical speed (garis hijau) yang naik turun dengan liar. Seperti inilah datanya:

Grafis Detik-detik Akhir Ethiopian Airlines yang MengkhawatirkanGaris hijau vertical speed yang dinilai janggal (Flightradar24)

Grafis Detik-detik Akhir Ethiopian Airlines yang MengkhawatirkanData vertical speed yang disederhanakan (The Sun)

Grafis Detik-detik Akhir Ethiopian Airlines yang MengkhawatirkanData penerbangan ET 302 (Flightradar24)
Sejumlah media seperti The Sun Inggris dan news.com Australia menulis, pakar penerbangan mengatakan hal itu sangat tidak biasa. Vertical speed semestinya naik atau tetap sama, seiring pesawat sedang lepas landas.

Masih belum jelas penyebab kecelakaan. Pesawat Ethiopian Airlines itu naik ke ketinggian 2.600 meter, namun setelah terbang 6 menit, pesawat hilang kontak dan jatuh. (fay/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA