Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Mar 2019 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pendakian Gunung Rinjani Akan Dibuka Lagi, Warga Sambut Gembira

Harianto Nukman
detikTravel
Foto: Keindahan dari puncak Rinjani (Randy/detikTravel)
Foto: Keindahan dari puncak Rinjani (Randy/detikTravel)
Lombok - Jalur pendakian Gunung Rinjani akan dibuka lagi pada April mendatang. Warga dan para pelaku wisata menyambut gembira mendengar kabar itu.

Ibarat kata pepatah, pucuk dicinta ulam pun tiba. Sudah lama warga menunggu kabar dibukanya kembali jalur pendakian wisata Gunung Rinjani

"Saya senang dan sepakat Rinjani harus segera dibuka ketika jalur pendakian sudah layak untuk dilewati pendaki," ujar tokoh pegiat wisata Gunung Rinjani, Royal Sembahulun kepada detikcom, Rabu (13/3/2019).

Dibukanya jalur pendakian Rinjani akan berdampak positif terhadap perekonomian para pelaku wisata di sana yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

Dari data yang disebut pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), ada 1.400 guide dan porter. Sementara jumlah travel operator (TO) sebanyak 90 lembaga.

BACA JUGA: Menikmati Swiss-nya Indonesia, Rinjani

"Rinjani identik dengan kebutuhan perut itu sangat benar mengingat banyak orang yang bergantung di sana," kata Royal.

Dia mengatakan efek domino pendakian Rinjani juga berdampak pada hotel, homestay, rent car, sopir, guide, porter dan para pedagang yang berada di jalur pintu masuk kawasan Rinjani.

BACA JUGA: Gunung Rinjani Dibuka Lagi April 2019, Pendakiannya Terbatas

Para pedagang dan pengusaha hotel sangat berpengaruh dengan dibukanya Rinjani. Pedagang di pasar tradisional juga kebanjiran rezeki karena menurut Royal, hampir setiap hari orang belanja terkait kebutuhan para wisatawan.

Rinjani juga sebagai bukti untuk wisatawan bahwa Lombok sudah aman dikunjungi, sehingga dapat mempengaruhi destinasi wisata lainnya.

"Rinjani merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang paling populer," ungkapnya. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED