Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Mar 2019 13:58 WIB

TRAVEL NEWS

Adu Harga Tiket MRT di Asia Tenggara, Jakarta Paling Murah

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi MRT Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata MRT Jakarta
Jakarta - Tarif MRT Jakarta Rp 10 ribu/10 km memicu perdebatan di kalangan masyarakat. Agar fair, cek dulu tarif MRT serupa di Asia Tenggara, siapa yang paling murah?

Diresmikannya MRT Jakarta oleh Presiden Jokowi pada hari Minggu pekan lalu (24/3) menandai dimulainya moda transportasi baru perkotaan yang cepat tanpa kenal macet. Wisata MRT Jakarta juga menjadi potensi pariwisata yang baru.

Hanya saja, kehadiran MRT juga dibarengi dengan harga tiket yang mungkin untuk kebanyakan orang sedikit mahal. Untuk rute Lebak Bulus sampai Bundaran HI misalnya, tarif yang dipatok adalah Rp 10.000/10 km (proyeksi rata-rata perjalanan). Hitungan kasarnya, tarif MRT Jakarta untuk per km ialah sebesar Rp 1.000.

Dalam prakteknya, tarif antar stasiun pun berbeda. Harga tiket MRT Jakarta minimum ditetapkan sebesar Rp 3.000 sedangkan tarif maksimal adalah Rp 14.000. Itu di Indonesia.

Agar lebih fair dalam menilai besaran tarif MRT, ada baiknya kita melihat tarif MRt serupa di Asia Tenggara. Ada MRT Singapore, Bangkok Metro, MRT Kuala Lumpur, Manila Metro. Dihimpun detikcom, Kamis (28/3/2019), berikut perbandingan tarif MRT:

1. Singapura

Dilihat dari laman mrt.sg, tiket standar MRT Singapore dari Stasiun Dhoby Ghaut menuju Stasiun Orchard dipatok 1,5 dolar Singapura. Sementara, jarak Stasiun Dhoby Ghaut dan Orchard relatif dekat, kira-kira sekitar 1,4 km.

Dengan demikian, tarif MRT di Singapura sekitar per km 1,07 dolar Singapura atau setara Rp 11.181 (asumsi kurs Rp 10.450) dengan perhitungan biaya dibagi jarak.

2. Malaysia

Dilihat dari laman MRT Kuala Lumpur myrapid.com.my, Stasiun Kajang menuju Stadium Kajang dibandrol untuk uang tunai RM 1,3 dan non tunai RM 1,2.

Jarak antara Stasiun Kajang dan Kajang Stadium sendiri tak terlalu jauh, sekitar 1,5 km. Dengan perhitungan yang sama yakni biaya dibagi jarak, maka per km sebesar RM 0,8 atau setara Rp 2.760 (asumsi kurs Rp 3.450).

3. Manila

Dilihat dari laman mrt3.com, tarif Manila Metro dari Stasiun North Avenue menuju Stasiun Quezon Avenue dihargai sekitar 13 Filipina Peso atau setara Rp 3.510 (dibulatkan ke atas).

Untuk jarak, Stasiun North Avenua ke Stasiun Quezon Avenue adalah 2,9 km. Apabila biaya dibagi jarak, maka per km adalah 4,4 Filipina Peso atau setara Rp 1.200.

4. Bangkok

Dilihat dari laman Bangkok Metro bangkokmetro.co.th, tarif dari Stasiun Hua Lamphong menuju Stasiun Sam Yan adalah 15 Baht atau setara dengan Rp 6.705.

Untuk jarak, Stasiun Hua Lamphong menuju Stasiun Sam Yan adalah 2,1 km. Jika biaya dibagi jarak, maka tarif per 1 km adalah 7,5 Baht atau setara dengan Rp 3.350.

Melihat data di atas, maka tarif MRT termahal di Asia Tenggara dipegang oleh Singapura dengan besaran Rp 11.181 per km. Sedangkan tarif MRT termurah adalah di Jakarta dengan besaran Rp 1.000 per km. Bersyukurlah wahai kalian warga Jakarta.. (sna/fay)

FOKUS BERITA

Wisata MRT Jakarta
BERITA TERKAIT
BACA JUGA