Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Apr 2019 16:55 WIB

TRAVEL NEWS

Bisakah Jendela Pesawat Dibuat Lebih Besar?

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi jendela pesawat (Shinta Angriyana/detikTravel)
Jakarta - Ukuran jendela pesawat berbentuk bulat dan lonjong. Mungkin ada yang bertanya-tanya, bisa tidak jendela pesawat lebih lebar atau lebih besar ukurannya?

Dilansir dari USA Today dengan rubrik 'Ask the Captain', dilihat detikcom, Selasa (2/4/2019) John Cox seorang mantan kapten pilot US Airways dan konsultan keselamatan penerbangannya Safety Operating Systems menjawab berbagai pertanyaan dari netizen. Pertanyaan yang mungkin sering terlintas di benak, seperti soal ukuran jendela pesawat.

Ukuran jendela pesawat memang bervariasi, tergantung pada jenis pesawatnya. Untuk di pesawat Boeing 707, ukurannya sekitar 9 inch x 12.5 inch (22,86 cm x 31,75 cm). Bisakah ukuran jendela pesawat lebih besar, jawabannya bisa tetapi mahal harga pembuatannya.

"Struktur di jendela pesawat adalah yang paling berat. Pesawat kargo tidak memiliki jendela, untuk mengurangi berat dan biaya perawatan," jawab John Cox.

John Cox juga menyebut, butuh biaya lebih banyak agar membuat jendela pesawat yang lebih besar plus perawatan yang juga lebih mahal. Tak menutup kemungkinan, mungkin ada pabrik yang mau membuatnya.

BACA JUGA: Jendela Pesawat Ternyata Bentuknya Pernah Kotak

Di awal tahun 2018 kemarin, Boeing Business Jet berencana untuk memasang jendela pesawat yang berukuran super besar. Jendela ini diberi nama Skyview Panoramic Window.

Jendela Panoramic Skyview dari Boeing (Skyview Panoramic/Fokker)Jendela Panoramic Skyview dari Boeing (Skyview Panoramic/Fokker)


Dimensinya berukuran 1,3 x 0,45 meter. Jendela 'raksasa' tersebut rencananya akan dipasang di pesawat jet BJ MAX yang sedang dibangun.

Diketahui biaya pembuatan jendela tersebut cukup besar, meski Boeing tidak membeberkan berapa kisarannya. Kalau begitu, bisa jadi juga tiket pesawatnya lebih mahal bukan?

BACA JUGA: Jendela Super Besar Bakal Hadir di Pesawat Boeing

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA