Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Apr 2019 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Batu Payung Runtuh, Pemda Lombok Tengah Rencanakan Pemugaran

Harianto Nukman
detikTravel
Batu Payung Lombok sebelum patah (dok. Pemda Lombok Tengah)
Batu Payung Lombok sebelum patah (dok. Pemda Lombok Tengah)

FOKUS BERITA

Batu Payung Ambruk
Lombok Tengah - Batu Payung sudah ambruk beberapa waktu. Pemda Lombok Tengah berencana untuk melakukan pemugaran kembali.

Destinasi wisata ikonik Batu Payung yang berada di kawasan Mandalika itu ambruk, karena adanya faktor yang bersifat alamiah, seperti faktor terjangangan ombak dan pengikisan yang berlangsung terus-menerus.

Di lain sisi, banyak juga yang menyayangkan ambruknya Batu Payung terutama bagi traveler yang memiliki kenangan indah akan keberadaan batu alam nan cantik itu. Bentuknya yang unik menjadi latar untuk berswafoto.

Batu Payung Runtuh, Pemda Lombok Tengah Rencanakan PemugaranFoto: (dok. Pemda Lombok Tengah)
Wakil Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri pada hari Rabu (3/4) kemarin terjun langsung ke lokasi melakukan pengecekan untuk mengetahui kondisi rubuhnya Batu Payung.

"Beliau (Wabup) ke sana mengecek secara langsung kondisi di lapangan," ucap Kabag Humas Setda Lombok Tengah HL Herdan kepada detikcom (5/4/2019).

BACA JUGA: Batu Payung yang Ambruk di Mandalika, Umurnya 10 Juta Tahun

Hal itu dilakukan karena banyaknya warga yang mengeluhkan Batu Payung yang runtuh. Pihak pemda pun juga sempat menggelar rapat untuk membahas kemungkinan akan dilakukan pemugaran ulang.

"Maksudnya bukan rapat resmi. Kadis Pariwisata lapor ke beliau (Wabup) dan ada wacana bagaimana kalau dibangun atau direkonstruksi lagi," tutur Herdan.

Karena masih sebatas wacana, jelas Herdan pihak Pemda Lombok Tengah pun terlebih dahulu akan melakukan kajian tentang kemungkinan kebijakan yang akan diambil nantinya.

BACA JUGA: Batu Payung di Lombok Runtuh, Ternyata Sudah Ada Retakan

Pemda Lombok Tengah juga akan membicarakan terkait rencana pemugaran itu dengan pihak PT ITDC sebagai pengelola kawasan destinasi wisata yang ada di Mandalika Desa Kuta, Kecamatan Pujut itu.

"Dikaji dulu kemungkinannya. Perlu perencanaan yang matang serta penyiapan anggaran tentunya. Ada beberapa proses yang harus dilalui," jelasnya. (rdy/aff)

FOKUS BERITA

Batu Payung Ambruk
BERITA TERKAIT
BACA JUGA