Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Apr 2019 07:45 WIB

TRAVEL NEWS

Vatikan Buka Tangga Suci yang Dilewati Yesus

Shinta Angriyana
detikTravel
The Scala Sancta (CNN/TIZIANA FABI/AFP/AFP/Getty Images)
The Scala Sancta (CNN/TIZIANA FABI/AFP/AFP/Getty Images)
Vatikan - Bagi traveler yang ingin wisata rohani ke Vatikan, bisa berkunjung ke satu tempat yang langka. Inilah tangga suci yang dilewati Yesus saat hendak disalib.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (24/4/2019) Vatikan membuka untuk umum tangga suci yang dibawa dari Yerusalem, di mana dulunya Yesus berjalan ketika hendak disalib setelah diadili oleh Pontius Pilatus. Tangga itu dibuka setelah jangka waktu 300 tahun lamanya.

Dahulu, tangga ini ditutupi oleh papan kayu sejak tahun 1723. Hal ini diputuskan oleh Paus Innosensius XIII karena banyaknya peziarah yang datang mengunjungi tangga suci.

The Scala Sancta (nama Latin tangga suci) diyakini ternoda oleh tetesan darah Yesus ketika disalib. Peziarah yang datang menaiki anak tangga sembari bertekuk lutut dan mencium tempat-tempat yang ternoda darah. Tempat yang ternoda, saat ini ditandai dengan salib.

Dibukanya The Scala Sancta ini dimaksudkan karena proyek restorasi selama 1 tahun lamanya. Pengunjung juga bisa melihat tangga asli yang terbuat dari marmer, dan juga hiasan indah di sekitarnya.

Proyek restorasi (CNN/TIZIANA FABI/AFP/AFP/Getty Images)Proyek restorasi (CNN/TIZIANA FABI/AFP/AFP/Getty Images)
Tangga suci ini memiliki 28 anak tangga. Dulunya, diambil dari Pontius Pilatus di Yerusalem pada abad ke-4 dan dibawa ke Roma oleh Santa Helena.

BACA JUGA: Ini Dia Gereja Paling Megah Sedunia di Vatikan

Dikutip dari CNN, ada penemuan yang mengejutkan saat dibukanya The Scala Sancta. Yakni lekukan yang dalam pada marmer, yang disebabkan oleh kerusakan selama berabad-abad dari lutut dan kaki peziarah. Padahal, sudah ratusan tahun tidak dibuka.

Di puncak anak tangga, terdapat kamar yang disebut the Holy of Holies atau Ruang Mahakudus. Dulunya, ruangan ini merupakan kapel pribadi Paus yang berisi peninggalan suci dan salah satu ikon tertua Yesus yang ditemukan di Roma dari abas ke-5.

Menurut Travel+Leisure, meskipun proyek restorasi akan berlangsung 1 tahun, pembukaan The Scala Sancta tidak selama durasi tersebut. Tangga suci akan dibuka untuk peziarah hanya sampai 9 Juni mendatang. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED