Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Apr 2019 15:55 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah Festival Pesona Tambora, Savana Cantik Ini Penuh Sampah

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: (Selly Zaenab/Istimewa)
Foto: (Selly Zaenab/Istimewa)
Dompu - Festival Pesona Tambora di Kabupaten Dompu, NTB kini telah berlalu. Acaranya sangat meriah, tapi selanjutnya savana cantik ini dipenuhi sampah.

Festival Pesona Tambora berlansgung sangat meriah dengan berbagi jenis kegiatan digelar pada hari puncak (11/04) lalu. Namun di balik itu, Padang Savana Doro Ncanga, Gunung Tambora yang menjadi lokasi utama kegiatan kini menjadi lautan sampah berbagai jenis.

Berbagai jenis sampah mengotori Savana yang spotnya mirip dengan suasana padang savana di benua Afrika tersebut. Jenis sampah mulai dari botol minuman plastik, kertas nasi, kemasan makanan ringan hingga jamban masih terlihat disana.

Dua pekan setelah acara puncak Pesona Tambora, sampah-sampah itu masih berserakan dan belum dibersihkan. Aroma tidak sedap dan ulat serta lalap pun bermunculan di tengah sampah yang ada.

Setelah Festival Pesona Tambora, Savana Cantik Ini Penuh SampahFoto: (Selly Zaenab/Istimewa)


BACA JUGA: Terkenal Sampai Eropa, Apa Kekurangan Gunung Tambora?

Salah seorang warga Dompu, Selly Zaenab mengaku melihat langsung kondisi padang Savana Doro Ncanga yang dipenuhi sampah pasca kegiatan Pesona Tambora.

Begitu melihat kondisi lokasi yang penuh sampah, Selly bersama teman-temannya mem-viralkan di media sosial dengan hastag #Savanabukantempatsampah.

Setelah Festival Pesona Tambora, Savana Cantik Ini Penuh SampahAksi bersih-bersih sampah (Selly Zaenab/Istimewa)


Itu tujuannya untuk mengajak masyarakat agar bersikap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengkritik pemerintah Kabupaten Dompu NTB yang tidak turun tangan untuk menangani sampah tersebut.

"Sebenarnya kami kesana enggak mau ada aksi clean up, cuma mau aksi protes aja karena anggaran untuk kebersihan enggak sedikit katanya. Tapi karena miris liat kondisi disana makanya kami bersihkan semampu kami," ungkapnya pada detikTravel, Minggu (28/04/2019).

Setelah Festival Pesona Tambora, Savana Cantik Ini Penuh SampahFoto: (Selly Zaenab/Istimewa)


Dikatakan Selly, sejauh ini ada 2 ekor Sapi yang mati. Ditemukan didalam perutnya terdapat sampah plastik yang dimakannya.

"Takut ada sapi mati lagi karena makan sampah. Tahun lalu setelah acara FPT (Festival Pesona Tambora), 2 ekor sapi mati dengan perut penuh sampah. Apa lagi itu ada sisa-sisa jamban penuh dengan kotoran manusia tergeletak gitu aja enggak diangkat, mana sapi-sapinya berkeliaran dekat situ," ujarnya. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED