Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Apr 2019 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Mau Pindah Ibu Kota, 10 Negara Ini Sudah Duluan

Syanti Mustika
detikTravel
Balon udara di Myanmar (iStock)
Jakarta - Wacana pemindahan ibu kota sedang hangat dibicarakan. Tahukah kamu, bahwa 10 negara ini sukses memindahkan ibu kota negaranya?

Sedang hangat dibicarakan wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke beberapa tempat. Tentu saja wacana ini banyak pertimbangan dan butuh persiapan lebih. Namun, tidak ada yang tidak mungkin tentang pemindahan ibu kota sebuah negara. Buktinya, beberapa negara ini sukses memindahkan ibu kota negaranya.

Dikumpulkan detikcom, Selasa (30/4/2019) berikut 10 negara yang ibukotanya berhasil dipindahkan ke daerah baru. Apakah kamu pernah berkunjung ke sini?

1. Brasil

(iStock)(iStock)


Tahukah kamu bahwa Brazil dulunya beribukota Rio de Janeiro hingga tahun 1960? Setelah itu pemerintah memutuskan untuk memindahkannya ke Brasilia. Brasilia pun menjadi pusat segala instasi pemerintahan, termasuk kongres, presiden, dan Mahkamah Agung. Serta Brasilia juga menjadi tempat 125 kantor kedutaan besar negara sahabat Brasil.

Sekarang Brasilia pun menjadi salah satu kota terpadat di Brasil dan juga ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO karena keunikan arsitekturnya.Serta Rio de Janeiro sendiri, sudah jadi destinasi wisata terpopuler di Brasil.

2. Myanmar

Sebelumnya ibu kota Myanmar berpusat di Yangoon dan semenjak 6 November 2005 secara resmi ibu kota administratif Myanmar berpindah ke Kota Naypyidaw. Pengumuman pemindahan ini diresmikan pada tanggal 27 Maret 2006, bertepatan dengan ulang tahun angkatan bersenjata Myanmar.

3. Kazakhstan

 (iStock) (iStock)


Kazahkstan memindahkan ibu kota pada tahun 1997 dari Almaty ke Astana, sebuah kota modern yang berada di disebelah utara Almaty. Alasan pemindahan ini karena Almaty memiliki lahannya sempit, terlalu dekat dengan perbatasan negara lain dan rawan gempa bumi.

4. Pakistan

Awalnya ibu kota Pakistan adalah Karachi. Namun pada tahun 1959 pemerintahan Pakistan memindahkannya ke Islamabad yang berada di utara Pakistan dan pembangunan pun dimulai pada 1961. Sekarang Islamabad menjadi kota paling mahal dengan penduduknya di ekonomi menengah ke atas. Kota ini pun juga menjadi kota yang paling aman di Pakistan dengan pengawasan ribuan CCTV yang tersebar di kota.

5. Nigeria

 (iStock) (iStock)


Adapun ibu kota pertama Nigeria adalah Lagos. Pada tahun 1980-an pemerintah pun menganyangkan pemindahan ibukota dengan membangun kota baru bernama Abuja. Pembangunan besar-besaran untuk instansi pun dimulai. Barulah 12 Desember 1992 secara resmi Kota Abuja menjadi ibukota Nigeria.

6. Rusia

Perlu kamu tahu, Rusia telah memindahkan ibu kotanya sebanyak 2 kali lho. Awalnya Moskow memang menjadi ibukota pertama, namun di tahun 1712 pemerintah memindahkannya ke St Peterburg dengan alasan lebih dekat dan punya akses ke Eropa. Di tahun 1918, pemerintah pun mengembalikan ibukota Rusia ke Moskow.

BACA JUGA: 5 Fakta Mamuju yang Disebut JK Sebagai Calon Ibu Kota Negara


7. India

 (iStock) (iStock) Foto: undefined


India sukses memindahkan ibu kotanya dari Delhi ke New Delhi. Pemindahan ini berjalan lancar dan mudah karena kedua daerah ini tidak berjauhan.

8. Australia

Melbourne merupakan ibu kota pertama Australia sebelum dipindahkan ke Canberra. Pada tahun 1911 pemerintah melakukan sayembara karena ingin memilih ibukota dengan syarat memiliki taman kota yang luas. Hanya Canberra lah yang memenuhi syarat dan di tahun 1927 ibukota dipindahkan ke Canberra.

9. Inggris

London bukanlah ibu kota pertama dari Inggris. Adapun awalnya adalah Winchester yang kemudian dipindahkan ke London tahun 1066. Pemindahan berjalan lancar karena London telah memiliki populasi yang besar.

10. Pantai Gading

Indonesia Mau Pindah Ibu Kota, 10 Negara Ini Sudah DuluanFoto: (iStock)


Pantai Gading telah empat kali memindahkan ibu kota dengan urutan Grand Bassam (1893), Bingerville (1900), Abidjan (1933) dan Yamossoukro. Pemindahan ini berakhir di masa pemerintahan Presiden Felix Houphouet Boigny dengan ditetapkannya Yamossoukro menjadi ibu kota tahun 1983.


Ibu Kota Mau Pindah ke Mana? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA