Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Mei 2019 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Pulau Tukang Besi, Cara Wakatobi Sambut Ramadhan

Siti Harlina
detikTravel
Festival Pulau Tukang Besi (Siti/detikcom)
Festival Pulau Tukang Besi (Siti/detikcom)

FOKUS BERITA

Tradisi Sambut Ramadan
Wakatobi - Menyambut Ramadhan 2019 ini, beberapa daerah menyiapkan festival budaya yang sudah jadi tradisi. Inilah Festival Pulau Tukang Besi dari Wakatobi.

Menjelang bulan suci Ramadhan, ratusan penari kolosal mengikuti Festival Pulau Tukang Besi di Kecamatan Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawei Tenggara (Sultra).

Festival tersebut juga diramaikan dengan karnaval budaya yang diikuti 45 rombongan. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Wakatobi, Arhawi dengan pemukulan gong.

(Siti/detikcom)(Siti/detikcom)

Dikatakan Arhawi, agar festival tersebut bisa menjadi agenda nasional sehingga wisatawan lokal dan mancanegara bisa tahu keberagaman budaya yang ada di Wakatobi.

"Festival ini sudah setiap tahun dilakukan untuk melestarikan budaya, mudah-mudahan bisa dijadikan salah satu agenda nasional," harapnya.

(Siti/detikcom)(Siti/detikcom)

Beberapa atraksi ditampilkan dalam Festival Pulau Tukang Besi, antara lain Tari Balumpa, Tari Honutu dan pembuatan parang yang diperankan oleh remaja putra. Asti Ananta, salah seorang penari mengaku bangga bisa terlibat langsung dalam festival tersebut.

"Senang sekali, apalagi ini merupakan budaya kita. Bisa dikenal dengan orang di luar sana," ujarnya.


Simak Juga 'Tradisi Unik Bakar Sulong di Polewali Sambut Ramadan':

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/fay)

FOKUS BERITA

Tradisi Sambut Ramadan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!