Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Mei 2019 14:09 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik ke Bandung? Kemenpar Rekomendasikan 10 Tempat Kuliner Ini

Raras Prawitaningrum
detikTravel
Foto: Dok. Kemenpar
Foto: Dok. Kemenpar
Jakarta - Menteri Pariwisata, Arief Yahya, terus mempromosikan #PesonaMudik2019. Salah satunya lewat ragam wisata kuliner. Jika hendak mudik ke Bandung, jangan lupa mencicipi sajian kulinernya.

"Selain terkenal dengan destinasinya yang menarik, Bandung juga memiliki segudang makanan khas yang mampu menggoyang lidah. Udaranya yang sejuk menambah sensasi wisata kuliner di Bandung. Jadi jangan dilewatkan #PesonaKulinerLebaran2019Bandung biar liburannya lengkap," kata Arief dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/5/2019).

Berikut #10TopPesonaKulinerLebaranBandung yang wajib dicoba jika mudik ke Bandung.

Baso Sapi Cihampelas

Semangkuk bakso hangat jadi pilihan kuliner yang pas di tengah sejuknya udara Bandung. Coba cicipi Baso Sapi Cihampelas yang sangat terkenal. Berdiri sejak tahun 80-an, Baso Sapi Cihampelas menawarkan aneka ragam menu bakso dengan harga terjangkau. Baksonya pun dijamin bebas pengawet.

Iga Bakar Si Jangkung

Berlokasi di Jalan Cipaganti No 75B, Iga Bakar Si Jangkung sangat mudah dijumpai karena terletak di tepi jalan utama. Satu porsi Iga Bakar Si Jangkung yang empuk ini dijual dengan harga Rp 40 ribu. Berbeda dari iga bakar di tempat lain, warung tenda milik Haryanto ini menyajikan iga bakar yang memiliki cita rasa rempah kuat sehingga dagingnya tidak berbau. Iga Bakar Si Jangkung ini mulai beroperasi pukul 12:00-23:00 WIB setiap harinya.


Lotek Mahmud

Bandung juga punya warung lotek legendaris, yakni Lotek Mahmud. Warung ini tidak hanya menyajikan lotek, tetapi juga gado-gado, nasi rames, nasi lengko, nasi bakut, nasi bakmoy, rujak uleg, rujak cuka, rujak banci, tahu petis, dan masih banyak lagi. Sementara untuk minumannya, wisatawan bisa memesan es kolak, es campur, es cincau, es cendol, hingga es buah.

Warung Lela

Warung Lela atau yang populer dengan nama Wale ini berlokasi di area perumahan Ranca Kendal, Jalan Kupa No 6. Dilihat dari luar, bangunan warung ini cukup menarik perhatian karena berbentuk rumah tradisional Jawa. Di sekelilingnya dihiasi tiang yang terbuat dari kayu-kayu besar dilengkapi beragam ornamen kayu.

Menu andalan Warung Lela adalah bakmi, tapi menu yang wajib dicoba adalah yamin manis bakso yang begitu menggugah selera. Dijual seharga Rp 23 ribu per porsi, wisatawan akan mendapatkan satu mangkuk mi berwarna coklat pekat dilengkapi daging ayam suwir dan taburan daun bawang.

Nasi Bancakan

Ada lebih dari 50 varian menu khas Sunda yang disajikan di restoran yang terletak di Jalan Trunojoyo No 62 ini. Mulai dari nasi timbel, nasi liwet, pindang bandeng, sayur asem, pepes ikan, hingga ayam goreng disajikan di warung ini. Dengan desain interior yang kental suasana pedesaan Parahyangan, wisatawan bisa mencicipi aneka menu nikmat dengan harga terjangkau.

Wiki Koffie

Kafe dengan nuansa tempat zaman belanda ini terletak di Jalan Braga No 90. Masuk ke dalam, wisatawan akan disambut interior retro yang minimalis. Kopi yang disajikan di sini pun beragam, mulai dari kopi lokal hingga kopi dari berbagai negara. Jika tidak suka kopi, wisatawan bisa memesan lemon tea atau ice green thai tea. Jangan lupa pesan kudapan khas Nusantara maupun ala Western.


Sama Dengan

Bandung memang terkenal dengan kafe berinterior instagramable. Jika ingin merasakan nuansa kafe yang kekinian, coba datang ke Sama Dengan Coffee yang terletak di dalam Cihampelas Walk. Uniknya, kafe ini dipenuhi dengan tanaman gantung sehingga terlihat asri. Menu makanan yang disajikan antara lain beef burger, cordon bleu, nasi goreng, dan nasi bakar. Untuk minumnya, wisatawan bisa memesan espresso hingga mochaccino.

Batagor dan Baso Cuanki

Jika mudik ke Bandung, jangan lupa cicipi batagor dan baso cuanki yang merupakan makanan khas Bandung. Jika batagor menawarkan paduan bakso tahu goreng dengan bumbu kacang yang gurih dan nikmat, baso cuanki bisa menggoyang lidah wisatawan dengan kuahnya yang gurih dengan sajian mirip bakwan Malang. Tidak sulit menemukan dua menu ini di Bandung karena dari kaki lima hingga kafe ternama menyajikan batagor dan baso cuanki.

Warunk Upnormal

Warunk Upnormal merupakan sebuah warung yang konsep awalnya sama dengan warung-warung di Bandung lainnya, yaitu warung kopi dan Indomie. Namun warung ini menjual sesuatu yang berbeda. Selain aneka kreasi makanan mi dan minuman kopi, wisatawan juga bisa menikmati aneka roti bakar hingga susu murni. Makin seru, warung ini menyediakan fasilitas Wifi dan aneka permainan seperti Uno.

Warung Setiabudi

Warung surabi yang terletak di Jalan Setiabudhi No. 175 ini menyediakan surabi aneka rasa. Ada 52 macam inovasi surabi dengan rasa manis dan asin serta surabi tradisional hingga modern. Harganya pun terjangkau, yakni mulai Rp 4.000 hingga Rp 13.000 per porsinya.

Coba pesan surabi telor ayam mayones. Rasanya gurih dan asin dengan pasta telor, ayam, dan mayones. Warung surabi berlantai dua ini menggunakan konsep modern yang didominasi oleh material kayu. Di lantai bawah terdapat fasilitas live music yang tampil dari pukul 19:30 sampai pukul 00.00 WIB. Warung Setiabudi juga menyediakan musala, sehingga menambah kenyamanan tersendiri bagi wisatawan. (prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA