Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Mei 2019 03:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kasihan... Penyu Ini Makan Sampah Plastik

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (iStock)
Foto: (iStock)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Sampah plastik begitu jahat pada hewan-hewan laut. Buktinya, penyu ini mengiranya ubur-ubur dan memakannya.

Mari bijak mengelola sampah, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan, bisa saja hanyut sampai lautan dan membuat hewan-hewannya terluka.

Misalnya dalam postingan akun Instagram @protect.environment seperti dilihat detikcom, Senin (13/5/2019). Terlihat suatu video seekor penyu di dalam laut yang memakan sampah plastik!

Penyu malang itu berkali-kali memakan sampah plastik lalu memuntahkannya kembali. Sebab, penyu itu mengira kalau sampah plastik tersebut adalah ubur-ubur.



Peneliti hiu dan pari dari Badan Riset Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), Dharmadi pernah diwawancarai detikcom soal bahayanya sampah plastik bagi hewan-hewan di laut. Masalah sampah plastik di lautan pun sudah jadi masalah global.

"Biota laut sulit mendeteksi atau membedakan antara makanan dan plastik karena warna transparan dalam air yang mungkin dikira sebagai ubur-ubur," katanya.

Bukan hanya penyu, ikan-ikan termasuk ikan pari pun dapat memakan sampah yang dikira sebagai makanannya. Nasibnya, ikan-ikan tersebut akan mati dengan kondisi mengenaskan yang bagian perutnya berisikan banyak sampah plastik.

BACA JUGA: Viral Ikan Pari Isi Perutnya Botol dan Kamera, Ini Penjelasannya

"Luasnya laut kita, semakin meningkat populasi masyarakat pesisir dan tingkat kesadaran yang masih rendah dalam menjaga kebersihan laut dengan tidak membuang sampah sembarangan masih rendah. Hal ini yang menjadi kendala utama dalam membersihkan laut dari sampah dan menjaga kebersihan laut," tutur Dharmadi.

Celakanya, ikan-ikan yang memakan sampah plastik, juga dapat disantap manusia. Ujung-ujungnya, manusia sendiri yang bakal terkena zat kimia berbahaya.

BACA JUGA: Makan Ikan Biar Pintar, Kalau Ikan Mengandung Plastik Bagaimana?

(aff/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED