Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Mei 2019 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kotoran dari Toilet Kapal Pesiar, Apakah Merusak Laut?

Bona
detikTravel
Ilustrasi kapal pesiar (Thinkstock)
Ilustrasi kapal pesiar (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Banyak yang bertanya, ke manakah semua kotoran yang ada di kapal pesiar? Dibuang ke laut atau disimpan di suatu tempat di dalam kapal?

Liburan dengan kapal pesiar menjadi salah satu bucket list bagi sebagian traveler. Jauh dari daratan, ada beberapa pertanyaan soal penyimpanan limbah di kapal pesiar, seperti yang diintip detikcom dari Ausralia News, Senin (13/5/2019).

Salah satu pertanyaannya adalah kemana semua kotoran yang kita siram di toilet? Apakah terbuang langsung ke laut atau disimpan sampai tiba di daratan?

Konsep kapal pesiar adalah hotel yang terapung di lautan. Menurut data statistik dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika, ada 21.000 galon limbah air yang dibuang kapal pesiar setiap harinya.

Rupanya apa yang terjadi di atas kapal pesiar tidak jauh beda dengan di rumah. Kapal pesiar memiliki pengolahan limbah internal seperti yang ada di rumah.

Saat menyiram toilet di atas kapal, kotoran akan mengalir ke sistem pengolahan limbah. Limbah akan diolah dengan melewati beberapa proses. Termasuk perawatan biologis dan desinfektan sebelum dibuang ke laut.

BACA JUGA: Ternyata, Setiap Kapal Pesiar Punya Kamar Mayat

Belakangan, hukum maritim internasional memberlakukan peraturan ketat. Dari Konvensi Internasional untuk Pencegahan Polusi dari Kapal, limbah dapat dibuang dengan jarak 5 km dari daratan.

Natalie Vecchione, manajer lingkungan di Carnival Cruise Line, mengatakan bahwa kini kapal-kapal pesiar memiliki sistem pengolahan limbah yang canggih.

Limbah akan diolah dengan sangat baik, sebagian bisa digunakan kembali untuk minum. Sisanya lagi akan dibuang ke lautan. Sistem pengolahan limbah yang bersih akan membuat laut tetap sehat.

Saat persediaan air habis, kapal akan mengambil air laut untuk diolah. Untuk itu, limbah yang dibuang haruslah benar-benar bersih. Karena limbah yang dibuang berada di laut dengan cepat menyebar ke seluruh perairan. (bnl/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA